Minggu, 28/04/2024 17:07 WIB

Asian Games 2018

Ini Pesan dan Catatan OCA di Pertemuan Corcomm ke-5

OCA juga mengusulkan agar pengaturan keamanan yang dilakukan oleh Polisi dan TNI tidak boleh terlalu berlebihan.

Dewan Olimpik Asia (OCA/Olympic Council of Asia) bersama INASGOC saat pertemuan CorCom (Coordination Committee) ke-5 di Jakarta, Rabu (14/12).

Jakarta - Dewan Olimpik Asia (OCA/Olympic Council of Asia) bersama INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee) kembali mengadakan  pertemuan CorCom (Coordination Committee) ke-5 di Jakarta, Rabu (14/12). Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga dan merangkap sebagai Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mencatat beberapa pesan dan catatan penting OCA dalam pertemuan membahas persiapan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tersebut.

Pertama, OCA mengingatkan pada INASGOC, tidak keberatan dengan sejumlah usulan beberapa cabor yang berpotensi menguntungkan Indonesia dalam perolehan medali emas. Hanya saja diingatkan bahwa paragliding dan jetsky itu membutuhkan biaya yang cukup tinggi sehingga OCA tidak ingin Indonesia terlalu memaksakan diri. Intinya OCA ingin efisiensi, dan itu patut diapresiasi oleh Indonesia. “Tetapi Indonesia sudah memastikan bahwa anggaran untuk itu sudah diperhitungkan,” kata Gatot dalam keterangan tertulisnya.

OCA juga mengingatkan tentang urgensi usulan bridge, karena OCA ingin memastikan bahwa usulan itu diajukan karena Indonesia cukup yakin akan dapat emas. “INASGOC pun merespon, bahwa Indonesia adalah pelanggan tetap yang sering meraih juara dunia kejuaraan bridge dunia.

Dalam CorCom itu, OCA juga mengingatkan agar jumlah nomer pertandingan tidak boleh lebih dari 500 dengan tujuan untuk efisiensi, khususnya di beberapa cabang olahraga tertentu. Banyaknya nomer pertandingan tersebut diharapkan tidak berpengaruh pada kualitas penyelenggaraan Asian Games dan dengan penonjolan penggunaan IT dan Broadcasting yang lebih efektif bagi tujuan efisiensi, sehingga siapapun atlet dan official nya bepergian dapat terdeteksi keberadaannya.

OCA juga mengusulkan agar pengaturan keamanan yang dilakukan oleh Polisi dan TNI tidak boleh terlalu berlebihan, meskipun OCA mengapresiasi kesiapan bidang keamaman. Yang lebih penting bagi OCA adalah agar akses bagi para tamu VVIP dapat fleksibel meski ketat. Advertorial

KEYWORD :

Asian Games 2018 OCA INASGOC




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :