Sabtu, 04/05/2024 04:19 WIB

Sandiaga Uno Beri Dukungan Animasi Lokal Agar Terus Berkembang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno berharap industri animasi dalam negeri bisa terus berkembang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno berharap industri animasi dalam negeri bisa terus berkembang. Dia menilai industri animasi akan meningkatkan perekonomian nasional.
 
"Sudah saatnya produk konsumen lokal ber promosi dengan IP dari industri kreatif Indonesia sendiri," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya.
 
Sandiaga menyampaikan salah satu animasi yang potensial adalah Balpil yang merupakan animasi karya anak bangsa.
 
Animasi Balpil sebelumnya terpilih sebagai finalis di Program Kemenparekraf "Apresiasi Kreasi Indonesia" pada November 2021. Ditambah lagi, animasi ini mengangkat tema tentang kebinekaan. 
 
"Karakter-karakter di animasi Balpil keren. Patut diapresiasi dan dikembangkan lebih lanjut," kata Sandiaga Uno.
 
Balpil mengisahkan sebuah robot AI masa depan yang ditugaskan mendampingi anak-anak sekawan Bhinnekaz. Mereka hendak berjuang mencegah Perang Dunia ke-3 yang berpotensi meluluhlantakkan bumi dan umat manusia.
 
Masing masing dari sekawan Bhinnekaz merepresentasikan satu dari empat sisi keseimbangan yakni, fisik, intelektual, sosial, spiritual di metaverse balpil.
 
Dengan etos #empatHebatLimaSempurna yang mengusung tema kebhinekaan, sekawan anak remaja Indonesia di cerita fiksi ini akan didampingi Balpil untuk bekerjasama menghadapi segala tantangan di kehidupan mereka, dan umat manusia pada umumnya.
 
Tim animasi Balpil pun bersyukur mendapat dukungan dari produk lokal. Mereka berharap langkah ini akan diikuti pihak lain yang sama-sama mendukung karya dari dalam negeri.
 
"Balpil berterima kasih kepada Dua Belibis dan mengajak lebih banyak brand lokal lain untuk bekerjasama," tutup Holip Soekawan, Project Director animasi Balpil.
KEYWORD :

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata Industri Animasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :