Sabtu, 18/05/2024 11:11 WIB

Kepala Daerah yang Rajin Merawat Lingkungan dapat Poin Plus

Menanam Pohon Jadi Gerakan Bersama

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Gubernur Bali Wayan Koster dan jabatan PDIP saat penanaman pohon mangrove di Bali

Bali, Jurnas.com - PDI Perjuangan menjadikan kedisiplinan dalam merawat lingkungan dan melakukan penanaman pohon, sebagai salah satu poin penting dalam evaluasi kinerja para kepala daerah dari partai itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, saat penanaman pohon mangrove di Kawasan Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Minggu (23/1/2022).

Acara ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian HUT PDIP ke-49 dan perayaan hari lahir Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang jatuh pada hari ini. Hasto ditemani Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster, Bupati Buleleng I Putu Agus Suradnyana, Anggota DPR Deddy Yevri Sitorus dan I Nyoman Parta, serta Wakil Ketua Panitia HUT PDIP Pulung Agustanto.

“Karena itu lah kepada seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan, seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan, seluruh struktural partai DPP, DPD, DPC, PAC, ranting, anak ranting, hingga Satgas partai. Mari kita jadikan merawat pertiwi sebagai kultur dari PDI Perjuangan,” kata Hasto.

“Anda sanggup?” tanya Hasto kepada ribuan kader PDIP yang hadir. "Sanggup,” demikian jawaban serempak para kader.

“Jadi mulai hari ini tiada hari tanpa penanaman pohon,” tegas Hasto.

Hasto melanjutkan, para kepala darrah harus bekerja keras. Seperti Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana akan diukur prestasinya dari kemampuannya untuk menjaga agar mangrove yang ditanam pada hari ini betul-betul hidup.

“Sehingga nanti 20 tahun lagi kita bisa melihat daerah-daerah di sekitar sini menjadi hijau karena mangrove yang kita pelopori, kita tanam pada hari ini,” kata Hasto.

Ketua DPD PDIP Provinsi Bali, I Wayan Koster menjelaskan bahwa penanaman pohon mangrove dan cemara udang dilaksanakan secara serentak di 5 kabupaten di Bali. Hampir 25 ribu bibit pohon baru yang ditanam pada acara tersebut.

“Saya berterima kasih kepada seluruh kader yang secara bergotong royong melakukan penanaman ini,” kata Koster.

Menurutnya, kegiatan partai ini juga akan menjadi pendukung bagi rangkaian acara G20 yang akan dipusatkan di Bali. Nantinya akan ada penyemaian mangrove yang dipusatkan di Denpasar dan Badung.

“Mudah-mudahan apa yang kita tanam akan tumbuh, berkembang. Mari kita rawat bersama-sama,” kata Koster.

Diakui Koster, wilayah Bali memang masih perlu mengejar target penghijauan yang diamanatkan undang-undang. Masih ada 7 persen wilayah penghijauan yang harus dipenuhi oleh Bali. Maka dengan dukungan dari PDIP, sebagai gubernur Bali, Koster mengatakan penanaman pohon akan terus dilakukan di seluruh kawasan gundul.

"Atas arahan Pak Sekjen yang sangat kuat untuk mengurusi  mangrove. Jarang partai yang serius mengurusi seperti ini. Ini membuktikan partai tidak hanya hadir pada pemilu dan pilkada saja, tapi hadir untuk kemashalatan masyarakat dan  masalah bangsa. Terutama upaya kita melakukan penghijauan secara nasional,” tegas Koster.

KEYWORD :

Penanaman Pohon kepala daerah PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :