Sabtu, 18/05/2024 23:11 WIB

Novavax Jadi Vaksin COVID-19 ke-5 yang Disetujui di Australia

Vaksin Pfizer, AstraZeneca dan Moderna sudah digunakan di Australia. Vaksin Janssen Johnson dan Johnson juga disetujui tetapi pemerintah belum membelinya.

Botol berlabel Vaksin Coronavirus COVID-19 dan jarum suntik terlihat di depan logo Novavax yang ditampilkan dalam ilustrasi ini, 9 Februari 2021. Ilustrasi (Foto: Dado Ruvic/Reuters)

CANBERRA, Jurnas.com - Vaksin COVID-19 Novavax pada Kamis (20/1) menjadi vaksin virus corona kelima yang disetujui untuk digunakan di Australia.

Dikutip dari AP, Benua Hijau itu telah memesan 51 juta dosis vaksin buatan Amerika Serikat (AS), yang dipasok dengan merek Nuvaxovid, untuk 26 juta penduduknya.

Vaksin Pfizer, AstraZeneca dan Moderna sudah digunakan di Australia. Vaksin Janssen Johnson dan Johnson juga disetujui tetapi pemerintah belum membelinya.

Vaksin Novavax akan tersedia untuk warga Australia yang tidak divaksinasi berusia 18 tahun ke atas tetapi tidak akan digunakan sebagai booster untuk 95 persen populasi berusia 16 tahun ke atas yang telah menerima vaksin.

"Ada beberapa individu, terlepas dari pengambilan besar-besaran vaksinasi di negara ini, yang telah menunggu Novavax, dan sangat bagus bahwa itu akhirnya disetujui,” kata kepala regulator John Skerritt, kepala Administrasi Barang Terapi.

"Mimpi kami adalah kami dapat mengubah 95 persen kami menjadi 97 atau 98 persen di negara ini," tambah Skerritt.

Vaksin berbasis protein akan diberikan dalam dua dosis dengan selang waktu tiga minggu.

Profesor kedokteran di Universitas Queensland, Paul Griffin mengatakan Australia perlu berusaha keras untuk meningkatkan tingkat vaksinasi yang sudah mengesankan.

"Untuk berbagai alasan, tampaknya beberapa orang tetap enggan menerima vaksin ini sejauh ini sehingga opsi tambahan, berdasarkan apa yang dianggap mungkin sebagai platform yang lebih tradisional, kemungkinan akan meningkatkan tingkat vaksinasi kami lebih jauh lagi," kata Griffin.

KEYWORD :

Vaksin COVID-19 Novavax Australia Nuvaxovid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :