Minggu, 19/05/2024 00:40 WIB

Israel Hadapi Gelombang Kelima COVID-19

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Bennett mengatakan Israel mengulur waktu dengan bergerak cepat untuk membatasi perjalanan ketika Omicron pertama kali terdeteksi bulan lalu, tetapi ini sekarang berkurang.

Pembeli menjelajahi Pasar Carmel saat pembatasan penyakit coronavirus (COVID-19) berkurang di Tel Aviv, Israel, pada 14 Oktober 2021. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

YERUSALEM, Jurnas.com - Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan pada Minggu, Israel berada di tengah-tengah gelombang kelima COVID-19 varian Omicron. Karena itu, dia mendesak warga untuk meningkatkan vaksinasi dan mengambil tindakan pencegahan seperti bekerja dari rumah.

Dikutip dari Reuters, dalam pidato yang disiarkan televisi, Bennett mengatakan Israel mengulur waktu dengan bergerak cepat untuk membatasi perjalanan ketika Omicron pertama kali terdeteksi bulan lalu, tetapi ini sekarang berkurang.

Dia memperkirakan gelombang penyakit dalam beberapa minggu.

Sebelumnya pada Minggu, komite penasihat Kementerian Kesehatan merekomendasikan agar Israel menambahkan Amerika Serikat (AS) ke daftar negara "merah" yang warganya tidak dapat terbang tanpa izin khusus. Bennett tidak menyebutkan ukuran ini dalam pidatonya.

Kementerian Kesehatan Israel telah mencatat 134 kasus Omicron yang dikonfirmasi dan 307 kasus dugaan lainnya. Dari jumlah tersebut, 167 adalah gejala.

"Waktu yang kita beli hampir habis," kata Bennett. "Jumlahnya masih belum tinggi tetapi ini adalah varian yang sangat menular, menggandakan dirinya sendiri setiap dua-tiga hari, seperti yang kita lihat di seluruh dunia. Bisa dikatakan bahwa gelombang kelima telah dimulai."

Dalam tanggapan pertama yang cepat terhadap Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika selatan dan Hong Kong, Israel melarang masuknya orang asing pada 25 November dan telah memberlakukan perintah karantina tiga hingga 14 hari untuk orang Israel yang kembali dari luar negeri.

Tetapi Bennett juga mendapat kecaman domestik karena liburan ke luar negeri yang dilakukan istri dan anak-anaknya setelah dia mendesak warga Israel untuk menghindari perjalanan semacam itu.

KEYWORD :

Israel Varian Omicron Gelombang Kelima COVID-19 Naftali Bennett




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :