Minggu, 28/04/2024 13:23 WIB

ALFI Minta Sistem Floating Booking Space Kontainer Domestik Transparan

Sistem booking yang dilakukan secara langsung ke mitra pelayaran maupun melalui forwarder anggota ALFI tersebut akan berpotensi semakin naiknya tarif angkutan kontainer domestik.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi. Foto: jurnas.com/alfi

JAKARTA, Jurnas.com - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) angkat bicara terkait isue rencana operator pelayaran kontainer domestik yang akan memberlakukan sistem floating booking space khusus, pada awal Januari 2022.

Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi, mengatakan sistem booking yang dilakukan secara langsung ke mitra pelayaran maupun melalui forwarder anggota ALFI tersebut akan berpotensi semakin naiknya tarif angkutan kontainer domestik.

"Padahal sebelum sistem itu dilakukan-pun, dalam waktu lima bulan terakhir ini juga telah terjadi kenaikan tarif pengiriman kontainer domestik hingga 80 persen, lantaran isue-nya kontainer tersedia tetapi ruang (space) di kapal tidak ada," ujar Yukki melalui keterangan tertulisnya ) pada Senin (13/12/2021).

Yukki mengungkapkan, kenaikkan tarif angkut kontainer domestik (freight) sebetulnya sudah terjadi terutama pada beberapa tujuan atau dari kota-kota besar di wilayah Timur seperti Makasar yang kenaikkanya 20-80%  dan kisaran 30-60% untuk ke dan dari pelabuhan Belawan Sumatera Utara.

Pihaknya pun memperkirakan kenaikan tarif pengiriman logistik domestik tersebut akan berlanjut hingga pertengahan tahun 2022. Oleh karenanya, para pemilik barang maupun perusahan forwarder anggota ALFI juga menunggu transparansi kenaikkan freight tersebut dari perusahaan pelayaran.

"Hal ini sudah saya sampaikan kepada semua Ketua Umum Daerah di 34 Propinsi kita (ALFI) juga harus terbuka sampaikan hal ini kepada pemilik barang secara terbuka," ucapnya.

Pasalnya, kata Yukki, kenaikan freight kontainer domestik tersebut sudah berimbas pada beberapa perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman yang menyatakan akan menaikkan harga barangnya.

"Faktanya dilapangan ALFI memperoleh informasi bahwa beberapa komoditi domestik akan ikutan naik dan kondisi ini tidak bisa hindari akibat freight angkutan tersebut naik," ucapnya.

KEYWORD :

ALFI booking space kontainer pelayaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :