Minggu, 05/05/2024 17:27 WIB

Merger Struktur dan Tunjuk co-CEO Baru, Apa Rencana Samsung?

Langkah besar-besaran ini menandai perubahan terpusat Samsung, setelah Wakil Ketua Jay Y. Lee dibebaskan bersyarat pada Agustus lalu dari hukuman suap.

Kantor Samsung di Korea Selatan (Foto: Doknet)

Seoul, Jurnas.com - Samsung Electronics Co Ltd akan menggabungkan divisi seluler dan elektronik konsumen, serta menunjuk co-CEO baru dalam perombakan terbesar sejak 2017, dalam rangka menyederhanakan struktur dan fokus pada pertumbuhan bisnis chip logika.

Langkah besar-besaran ini menandai perubahan terpusat Samsung, setelah Wakil Ketua Jay Y. Lee dibebaskan bersyarat pada Agustus lalu dari hukuman suap.

Kepala bisnis tampilan visual, Han Jong-hee, dipromosikan menjadi wakil ketua dan co-CEO, dan akan memimpin divisi yang baru bergabung yang mencakup elektronik seluler dan konsumen serta terus memimpin bisnis TV.

Han naik pangkat dalam bisnis tampilan visual Samsung, meski tanpa pengalaman di ponsel. Analis mengatakan tidak jelas perubahan atau pembagian kerja seperti apa yang diharapkan di bawah Han.

Kyung Kye-hyun, CEO Samsung Electro-Mechanics ditunjuk sebagai co-CEO Samsung Electronics, dan akan memimpin divisi chip dan komponen.

Menurut catat, bisnis seluler pembuat chip memori dan smartphone terbesar di dunia itu melaporkan laba operasi 3,36 triliun won (US$2,84 miliar) pada kuartal Juli-September, dibandingkan dengan divisi elektronik konsumen 760 miliar won.

Perombakan itu dapat membantu Samsung menghadapi tantangan di bisnis seluler dan elektronik konsumen, termasuk menghubungkan perangkat yang lebih baik ke peralatan pada platform yang menangkap dan mempertahankan pelanggan, kata analis Yuanta Securities Korea Lee Jae-yun.

Tetapi masalah yang lebih mendesak adalah kekurangan pasokan chip, kenaikan harga bahan baku, kesulitan logistik, dan persaingan dari Apple Inc dan pesaing dari China.

"Mungkin ada eksekusi dana atau pengambilan keputusan yang lebih cepat," kata Kim Sun-woo, seorang analis di Meritz Securities dikutip dari Reuters pada Selasa (7/12).

Sebagaimana diketahui, Samsung Group berfokus pada bidang semikonduktor, kecerdasan buatan, robotika, dan biofarmasi, dan berencana untuk menginvestasikan 240 triliun won (US$206 miliar) di bidang ini dalam tiga tahun ke depan.

KEYWORD :

Samsung Electronics Pembuat Ponsel Merger Struktur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :