Jum'at, 03/05/2024 20:14 WIB

Soroti Kebakaran Kilang Cilacap, Fraksi PDIP: Segera Lakukan Audit

Ketua Kelompok Fraksi PDIP di Komisi VII DPR RI, Dony Maryadi Oekon angkat bicara terkait peristiwa kebakaran kilang minyak Petralite di Cilacap, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Ketua Kelompok Fraksi PDIP di Komisi VII DPR RI, Dony Maryadi Oekon dan koleganya, Adian Napitupulu. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Kelompok Fraksi PDIP di Komisi VII DPR RI, Dony Maryadi Oekon angkat bicara terkait peristiwa kebakaran kilang minyak Petralite di Cilacap, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Doni menekankan, audit secara menyeluruh harus dilakukan. Apalagi, kejadian kebakaran kilang di tahun 2021 bukan kali pertama terjadi.

"Kalau melihat ceritanya, dari sejak 2008 hingga 2021, telah terjadi sekitar 16 kecelakaan di kilang maupun di depo," ujar Dony Maryadi dalam konferensi pers di Ruang Fraksi PDIP, Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (15/11).

Audit, lanjut dia, perlu dilakukan untuk mencari tahu sebab kebakaran tersebut. Juga untuk mencegah adanya spekulasi liar atas praduga sebab kebakaran kilang.

"Apakah ini karena alam atau karena human error, atau satu lagi, sabotase. Karena bertubi-tubi terjadi di tahun ini," kata Dony Maryadi.

Di sisi lain, alasan yang menyebutkan bahwa kebakaran kilang lantaran fenomena alam, seperti petir tidak bisa diterima.

"Lihat ke belakang, petir tiap tahun tidak berubah. Pasti ada petir, kenapa di tahun ini sampai tiga kali kena, ini harus konsen sekali kita dengan itu," tandasnya.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VII DPR Pertamina Kebakaran Kilang Cilacap Doni Maryadi Oekon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :