Minggu, 24/10/2021 19:35 WIB

Rekomendasi Usaha di Masa Pandemi

Untuk bertahan pada kondisi seperti ini, pelaku usaha tentu saja tidak boleh menyerah dan harus siap dengan langkah atau strategi lain.

Perencanaan bisnis. (Foto: topbrand-award.com)

Jakarta, Jurnas.com - Penyebaran Covid-19 di Indonesia memberikan dampak yang besar bagi berbagai pihak, salah satunya pelaku bisnis. Tidak sedikit pelaku usaha, mulai dari tingkat UMKM hingga skala besar yang harus merasakan penurunan pendapatan selama masa pandemi.

Untuk bertahan pada kondisi seperti ini, pelaku usaha tentu saja tidak boleh menyerah dan harus siap dengan langkah atau strategi lain. Misalnya dengan mengoptimalkan pemasaran online agar tetap menghasilkan rupiah di saat pemberlakuan pembatasan mobilitas warga.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba usaha, berikut beberapa usaha yang diyakini bisa bertahan dan berkembang di saat pandemi seperti ini.

Usaha produk kesehatan.

Di tengah wabah Covid-19, permintaan pasar terhadap produk-produk kesehatan sangat tinggi. Bahkan banyak pelanggan yang kesulitan untuk mendapatkan produk kesehatan tersebut sehingga kehadiran bisnis produk kesehatan seperti masker, disinfektan, hand sanitizer, face shield, vitamin dan lainnya ini sangat dibutuhkan dan berpotensi menguntungkan.

Usaha Baju Olahraga

Tidak hanya atlet yang butuh baju olahraga bagus. Masyarakat umum yang menggemari olah raga juga butuh jersey bagus agar tetap tampil gaya saat berolah raga. Di tengah kebijakan PPKM dan work from home, aktivitas olah raga seperti bersepeda sedang menjadi tren di masyarakat untuk meningkatkan imunitas, dan mereka butuh baju atau seragam agar terlihat modis.

Ingat, bukan hanya kalangan penggemar olah raga yang butuh baju bagus, komunitas, perusahaan dan sekolah juga butuh seragam bagus untuk menonjolkan identitasnya.

Produsen bisa memanfaatkan maraknya aktivitas olah raga dan kebutuhan seragam bagi sekolah, dunia usaha, perkantoran, tempat ibadah seperti masjid hingga komunitas. Caranya, dengan menjalin hubungan dengan sekolah, komunitas dan badan usaha.

Selain itu, dengan melayani pesanan khusus atau desain khusus dengan membebaskan pelanggan memilih motif, warna, model seragan, jenis kain dan berbagai elemen lainnya atau teknologinya.

Usaha Pembuatan Running Text

Di saat yang sulit ini pebisnis semakin gencar meningkatkan promosi usahanya dengan berbagai cara. Dengan running text ini maka bisa menjadi sarana promosi yang efektif untuk jualan. Ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat bagus.

Selain digunakan sebagaimedia promosi, running text juga bisa di setting untuk jam digital masjid, maka peluang busaha ini semakin besar.

Bisnis Konveksi

Usaha konveksi memang tidak pernah ada matinya karena sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok.

Untuk produk konveksi ada bermacam-macam dari konveksi seragam, kaos, dan berbagai produk lainnya.

Beberapa permintaan produk konveksi yang tidak menurun adalah produk seragam kerja dan sekolah. Walaupun sekolah libur, pengadaan seragam sekolah tetap diadakan karena sebagai salah satu hal wajib yang harus dimiliki siswa.

Bisnis jasa layanan antar

Bisnis ini dinilai mampu bertahan di kondisi krisis karena meningkatnya permintaan layanan antar untuk memenuhi kebutuhan individu akan makanan dan barang konsumsi harian tanpa harus meninggalkan rumah.

Memang benar pandemi Covid-19 memberikan tantangan pada berbagai pelaku bisnis, namun ada berbagai peluang yang bisa Anda manfaatkan.
Untuk itu, pebisnis harus terus update pengetahuan dengan belajar ilmu strategi bisnis dan pemasaran agar bisa meningkatkan penjualan.

Saat ini, belajar bisnis dan digital marketing yang kreatif tidaklah sulit. Ada berbagai situs yang memberikan tips bisnis online diantaranya adalah Bisniz.id.

Di sini, Anda bisa belajar banyak hal terkait branding, planing, marketing, peluang bisnis hingga memaksimalkan internet marketing dan dunia digital untuk mengenjot penjualan

TAGS : Bisnis Pelaku Usaha Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :