Sabtu, 18/05/2024 11:10 WIB

600 Personel Gabungan Diturunkan Kawal Unjuk Rasa BEM SI di Markas KPK

Tak hanya itu, Agus mengatakan pihaknya juga meminta bantuan personel pemadam kebakaran untuk membantu penjagaan gedung KPK.

Illustrasi: Personel gabungan TNI-Polri jaga ketat Gedung KPK

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 600 personil gabungan diturunkan untuk menjaga aksi unjuk rasa di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini menyusul adanya rencana aksi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia (SI) yang menolak pemecatan 57 pegawai KPK.

"Ini ada kenaikan sedikit eskalasinya, agak menambah (personel) yang biasanya 500 sekarang 600 lah, seperti itu," kata Wakapolres Jakarta Selatan, Antonius Agus di depan Gedung KPK, Jakarta, Senin, (27/9).

Tak hanya itu, Agus mengatakan pihaknya juga meminta bantuan personel pemadam kebakaran untuk membantu penjagaan gedung KPK. Di mana, beberapa mobil pemadam kebakaran telah disiapkan untuk mengantisipasi massa melakukan aksi bakar-bakaran.

"Kita antisipasi ada kemungkinan kemungkinan lain, contoh ada Bakaran di sini, itu nanti terprovokasi itu. Cepat kita padamkan, mungkin nanti ada ranting atau apa (merembet) sampah yang terbakar itu yang kita amankan," ujar Agus.

Agus juga mengatakan pihaknya akan mengutamakan sikap humanis selama demonstrasi berlangsung. Langkah itu diambil agar tidak terjadi gesekan antara polisi dengan pendemo.

"Kita benar-benar kedepankan tim nego yang di depan personel polwan, nanti terus terus dan seterusnya. Kita benar-benar mengurangi gesekan yang terjadi, antara kami dengan rekan-rekan yang melaksanakan kegiatan," tutur Agus.

Agus juga meminta pendemo untuk menepati janjinya membuat situasi aman. Agus tidak mau demo menjadi ricuh.

"Kita yakin dan percaya bahwa hari ini akan damai," ucapnya.

BEM SI berdemo hari ini menuntut pemecatan pegawai KPK yang gagal dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). Rencananya mereka akan berdemo pada pukul 14.00 WIB.

KEYWORD :

KPK Unjuk rasa BEM SI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :