Kamis, 09/05/2024 01:37 WIB

Pengawas Nuklir PBB Luncurkan Tinjauan Pelepasan Air Fukushima

Selama pemeriksaannya, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) akan berkonsultasi dengan para ahli termasuk dari China dan Korea Selatan, yang telah bereaksi dengan marah terhadap rencana pelepasan tersebut.

Sistem pemompaan dan penyaringan yang ekstensif menghilangkan sebagian besar unsur radioaktif dari air yang disimpan di pembangkit listrik Fukushima. (Foto: AFP)

Tokyo, Jurnas.com - Badan pengawas nuklir PBB pada Kamis (9/9) menjanjikan tinjauan "komprehensif" dan "objektif" atas rencana kontroversial Jepang untuk melepaskan air olahan dari pembangkit nuklir Fukushima yang dilanda bencana ke laut.

Selama pemeriksaannya, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) akan berkonsultasi dengan para ahli termasuk dari China dan Korea Selatan, yang telah bereaksi dengan marah terhadap rencana pelepasan tersebut.

Lebih dari satu juta ton air olahan telah terakumulasi dalam tangki di pabrik yang lumpuh sejak mengalami kehancuran setelah tsunami pada tahun 2011, termasuk cairan yang digunakan untuk mendinginkan reaktor yang rusak.

Sistem pemompaan dan penyaringan yang ekstensif menghilangkan sebagian besar unsur radioaktif, dan Jepang mengatakan rencana untuk mencairkan dan melepaskan air selama beberapa dekade adalah aman.

IAEA telah mendukung rilis tersebut, yang dikatakan mirip dengan pembuangan air limbah di pembangkit nuklir di tempat lain.

"Peninjauan tersebut mencakup beberapa misi dan kunjungan teknis dalam beberapa bulan dan tahun mendatang," kata wakil direktur jenderal IAEA, Lydie Evrard pada  Kamis di Tokyo dalam kunjungan untuk memulai proses inspeksi.

Sebelum membagikan hasilnya, IAEA akan memastikan peninjauannya "komprehensif" dan "objektif", katanya dalam briefing online setelah bertemu pejabat di Fukushima dan ibu kota.

Keputusan pemerintah Jepang pada bulan April untuk melanjutkan rilis - yang dapat dimulai segera setelah Maret 2023 - memicu kemarahan dari negara-negara tetangga atas masalah lingkungan dan keselamatan.

Ini juga menimbulkan tentangan sengit dari komunitas nelayan setempat, yang khawatir hal itu akan merusak kerja keras bertahun-tahun untuk memulihkan kepercayaan pada makanan laut mereka.

Perdebatan tentang cara menangani air telah berlangsung selama bertahun-tahun, karena ruang untuk menyimpannya di lokasi telah habis.

Proses penyaringan menghilangkan sebagian besar unsur radioaktif dari air, tetapi beberapa tetap, termasuk tritium.

Para ahli mengatakan unsur itu hanya berbahaya bagi manusia dalam dosis besar dan dengan pengenceran air yang diolah tidak menimbulkan risiko yang dapat dideteksi secara ilmiah.

IAEA akan mengirimkan misi masa depan untuk meninjau "karakterisasi radiologis" air, serta bagaimana melepaskannya dan dampaknya terhadap lingkungan dan manusia, kata kementerian industri Jepang.

Bulan lalu, operator pabrik mengumumkan rencana untuk membangun terowongan bawah laut untuk melepaskan 1,25 juta ton air yang diolah, yang juga mencakup hujan dan air tanah yang merembes setiap hari. (AFP)

KEYWORD :

Pengawas Nuklir PBB Jepang Pelepasan Air Fukushima




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :