https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

IMF Beri Utang Ukraina Rp19 Triliun

| Rabu, 19/12/2018 09:40 WIB

Pinjaman tersebut sebenarnya sudah disetujui pada Oktober lalu, namun dewan menunggu pemerintah Ukraina menindaklanjuti serangkaian kebijakan ekonomi, sebelum menyetujui bantuan kepada negara yang dilanda perang tersebut. International Monetary Fund (IMF)

Kiev - Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) sepakat memberikan paket pinjaman baru untuk Ukraina sebesar US$1,4 miliar atau Rp19 triliun, pada Selasa (18/12) kemarin.

Pinjaman tersebut sebenarnya sudah disetujui pada Oktober lalu, namun dewan menunggu pemerintah Ukraina menindaklanjuti serangkaian kebijakan ekonomi, sebelum menyetujui bantuan kepada negara yang dilanda perang tersebut.

Langkah penting lainnya ialah persetujuan dari anggaran 2019 akhir bulan lalu, dengan defisit sekitar 2,3 persen dari PDB.

Baca juga :
DPR Ingatkan PLN Soal Janji Elektrifikasi 100 Persen di 2024

“Pihak berwenang Ukraina telah berhasil memulihkan stabilitas dan pertumbuhan ekonomi makro, dengan dukungan dari masyarakat internasional,” kata Deputi IMF David Lipton dalam sebuah pernyataan.

“Pihak berwenang telah mengambil langkah-langkah penting untuk mengurangi risiko. Pelaksanaan program secara penuh dan tepat waktu akan menjadi penting untuk keberhasilannya mengingat tantangan yang sulit,” lanjutnya.

Baca juga :
Banyak Diragukan, Faktanya Produk Alternatif Tembakau Turunkan Angka Perokok di Eropa

Sebelumnya Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman berupaya mencari pendanaan tambahan untuk membantu negaranya yang dilanda krisis.

Dilansir dari AFP, kesepakatan pinjaman berdurasi 14 bulan ini menggantikan paket bantuan keuangan empat tahun sebelumnya yang disepakati pada Maret 2015. Sisa dari dana tersebut akan dirilis bertahap setelah tinjauan semi-tahunan atas kinerja pemerintah.

Baca juga :
AS Tuding Grup Wagner Pasok Rudal ke RSF di Sudan

Adapun IMF mengharapkan pertumbuhan ekonomi Ukraina melambat menjadi 2,7 persen tahun depan dari proyeksi 3,3 persen tahun ini, sementara inflasi harus turun di bawah 11 persen pada 2019 dari hampir 12 persen tahun ini.

()
KEYWORD :

Pinjaman Utang Ukraina Bank Dunia