Senin, 24/09/2018 14:21 WIB

Selebritis

Aktris Woodley Diborgol Karena Protes

Saat  digiring dengan tangan diborgol, Woodley mengatakan bahwa dirinya telah diasingkan dari ratusan pengunjuk rasa lainnya

Dakota - Video penangkapan aktris Amerika Serikat, Shailene Woodley langsung menyebar cepat di media sosial dan sudah dilihat lebih dari 3,1  juta kali serta 71 ribu lebih dibagikan.  Video Facebook live itu memperlihatkan Woodley  sedang digiring dengan tangan diborgol oleh aparat setempat.

Penangkapan itu terkait aksi protes Woodley yang menentang proyek pipa minyak raksasa di Negara Bagian North Dakota yang akan melintasi empat negara. Dia ditangkap di lokasi pembangunan dan menyiarkan protes itu di facebook live.

Dalam rekaman tersebut, perempuan berusia 24 tahun itu mengatakan, sedang  berjalan kembali ke kendaraannya. "mereka mencengkeram jaket saya dan berkata bahwa saya tidak diperkenankan untuk melanjutkan dan mereka memiliki senjata raksasa dan tongkat serta cambuk, mereka juga tidak melepaskan saya," ujarnya saat aparat keamanan menangkapnya.

Dan saat  digiring dengan tangan diborgol, Woodley mengatakan bahwa dirinya telah diasingkan dari ratusan pengunjuk rasa lainnya, "karena saya terkenal, karena saya punya 40.000 orang yang menonton aksi," ujarnya.

Proyek saluran Dakota Access ini memang telah menuai protes besar. Penduduk asli Amerika telah menghentikan pembangunannya di North Dakota, dengan mengatakan bahwa konstruksi saluran pipa itu akan menodai tanah suci mereka dan merusak lingkungan.

Polisi diberitakan BBC mengatakan ia merupakan salah satu dari 27 orang yang ditangkap atas tuduhan pelanggaran pidana dan terlibat dalam kericuhan.

Woodley, aktris yang membintangi film The Divergent dan Snowden, sebelumnya telah bergabung para anggota suku Standing Rock Sioux di North Dakota untuk memprotes pembangunan saluran pipa senilai US$3,7 miliar (atau sekitar Rp38 triliun).

Unjuk rasa pada hari Senin(10/10) digelar di sebuah lokasi konstruksi sekitar 3,2 kilometer di sebelah selatan Kota St Anthony. Rencananya, saluran pipa akan membentang sejauh 1.879 kilometer melintasi Negara Bagian Iowa, Illinois, North dan South Dakota.

Energy Transport Partners, perusahaan di balik pembangunan proyek tersebut mengatakan,  penyaluran minyak lewat pipa lebih aman dibanding mengangkutnya dengan kereta api atau melalui kendaraan. Mereka juga mengatakan pembangunan pipa ini akan meningkatkan ekonomi setempat.

Namun, para pengunjuk rasa lingkungan meyakini bahwa pengangkutan minyak mentah hingga 570.000 barel per hari itu akan membahayakan saluran air setempat. Suku asli Amerika juga percaya bahwa saluran pipa itu akan merusak tempat-tempat bersejarah.

TAGS : protes jalan rusak model seksi Aktris Shailene Woodley




TERPOPULER :