Sabtu, 19/09/2020 22:40 WIB

Faisol Riza Bocorkan Peluang Usaha Potensial Pasca Covid-19

Kembali ke sektor dasar, misalnya pertanian dan perkebinan. Intinya sektor pangan

Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza membocorkan peluang usaha menarik dan fundamental pasca krisis ekonomi akibat Covid-19.

Faisol Riza yang juga Aktivis Reformasi 1998 menilai, situasi ekonomi dunia sebenarnya memberikan kesempatan tidak kecil pada Indonesia untuk membangun perekonomian nasional lebih kuat lagi.

"Kita punya peluang memperkuat sektor yang seharusnya bisa jadi andalan," ungkap Riza dalam sebuah diskusi daring, Minggu (9/8/2020).

Apa peluang itu? Faisol Riza menyebut salah satunya industri substitus impor yang bisa jadi pilihan.

"Namun yang terpenting adalah kembali ke sektor dasar, misalnya pertanian dan perkebinan. Intinya sektor pangan," jelas Riza.

Ia menyebut Presiden Joko Widodo telah mempercayakan pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menjalankan program ketananan pangan dengan membuka labahan pertanian di Kalimantan.

"Tapi menurut saya konsepnya tidak demikian," ujar Faisol Riza.

Ia pun berandai-andai, kalau saya ilustrasikan kondisi sekarang dengan saat Jepang meraskaan ketertinggalannya tahun 1905, kemudian memustuskan kekuasaan Shongun yang kemudian dikenal dengan Restorasi Meiji dengan slogan negara makmur militer kuat.

"Saya tak terlalu setuju militer kuat, tapi efek induatrialisasi Jepang bisa kita rasakan sampai saat ini," ungkapnya.

Faisol Riza mengungkapkan, kalau pemerintah mengajak kita semua, ayo turun ke ladang. Semua lahan pemerintah yang tak produktif bisa dikerjasamakan dengan kelompok tani, dan semua masyarakat bisa menjadi bagian dalam struktur itu, rasanya Indonesia akan mengalami lompatan yang luar biasa di tahun mendatang, khususnya di sektor pertanian.

Dengan bonus demografi, jelas Riza, Indonesia tentu memiliki keunggulan. Khususnya untuk kebutuhan pangan dunia.

"Kembali ke ladang dan bekerja bersama masyarakat bisa menjadi tema setelah covid-19 ini," tuntas Faisol Riza.

TAGS : Faisol Riza Pangan Covid-19 Pertanian




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :