Kamis, 01/10/2020 15:39 WIB

DPR Minta Menteri Bersinergi Pulihkan Ekonomi Nasional

Pimpinan DPR meminta agar sejumlah menteri yang tergabung dalam komite penanganan Covid-19 dan penanganan ekonomi nasional saling bersinergi dalam mengimplementasikan anggaran yang telah disediakan.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad

Jakarta, Jurnas.com - Pimpinan DPR meminta agar sejumlah menteri yang tergabung dalam komite penanganan Covid-19 dan penanganan ekonomi nasional saling bersinergi dalam mengimplementasikan anggaran yang telah disediakan.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, serapan anggaran yang disediakan dalam penanganan pandemi Covid-19 harus segera diimplementasikan oleh kementerian-kementerian.

"Saya pikir komite penanganan Covid-19 dan penanganan ekonomi nasional yang di situ ada gabungan beberapa menteri dapat bersinergi, bekerja sama untuk memulihkan ekonomi nasional," kata Dasco, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/8).

Hal itu menanggapi Presiden Jokowi yang kembali mengkritik kinerja para menteri dalam penyerapan anggaran penanganan Covid-19 yang cukup rendah, saat membuka rapat terbatas penanganan Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/8).

Padahal, pemerintah telah menyiapkan anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp695 triliun. Namun, hinga saat ini serapan anggaran baru berkisar 20 persen.

Dasco menegaskan, pandemi Covid-19 tidak hanya fokus pada penanganan penyakit, melainkan juga harus menggenjot roda perekonomian agar tetap bergerak.

"Pandemi kan kita bukan hanya konsentrasi terhadap Penanganan penyakit, tapi juga soal ekonomi yang perlu digerakkan agar sektor ekonomi juga bergerak," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluhkan penyerapan anggaran stimulus penanganan Covid-19 masih 20 persen atau sekitar Rp 141 triliun dari total anggaran sebesar Rp 695 triliun.

"Saya melihat memang urusan realisasi anggaran ini masih sangat minim sekali dari Rp 695 triliun, stimulus untuk penanganan Covid-19, baru 20 persen terealisasi atau Rp 141 triliun. Yang terealisasi masih 20 persen, masih kecil sekali," kata Jokowi, saat membuka rapat terbatas tentang Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual di Istana Merdeka, Senin (3/8).

Ia mengingatkan, penyerapan anggaran ini harus ditingkatkan karena pertumbuhan ekonomi nasional sangat bertumpu kepada pertumbuhan ekonomi di kuarta ketiga. Karena itu rem dan gas di bidang kesehatan dan ekonomi harus diperhatikan secara khusus.

"Yang berkaitan dengan rem dan gas di kuartal ketiga ini, urusan ekonomi yang berkaitan dengan konsumsi rumah tangga yang berkaitan dengan daya beli masyarakat," ujar Jokowi.

TAGS : Warta DPR Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :