Sabtu, 20/04/2024 00:23 WIB

Setjen DPR Sosialisasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti mengatakan, kehadiran Aplikasi Administrasi Pengaduan Masyarakat (Sidumas) diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja, baik di lingkungan Sekretariat Jenderal maupun Dewan.

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti (kanan) saat sambutan sosialisasi aplikasi Sidumas

Jakarta, Jurnas.com - Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti mengatakan, kehadiran Aplikasi Administrasi Pengaduan Masyarakat (Sidumas) diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja, baik di lingkungan Sekretariat Jenderal maupun Dewan.

Selain itu, adanya aplikasi ini menjadi momentum bagi pergerakan reformasi birokrasi yang makin akuntabel, serta komitmen mewujudkan profesionalisme aparatur di lingkungan Setjen DPR RI.

Maya sapaan akrab Damayanti menuturkan, Biro Hukum dan Pengaduan Masyarakat adalah salah satu unit kerja penting di DPR RI, karena program ini sejalan dengan visi misi DPR RI, yakni fungsi representasi menuju Parlemen Modern.

“Untuk itu saya meminta agar semua elemen unit kerja yang terhubung dalam proses pengaduan masyarakat bersama-sama bergotong royong dan bersinergi dalam mengelola sistem aplikasi pengaduan masyarakat yang terbaru ini, sehingga kita dapat memproses pengaduan masyarakat secara tepat dan cepat,” ujar Maya, dalam sambutan sosialisasi aplikasi “Sidumas” di Ruang Rapat Pansus, Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (29/7).

Khusus untuk Komisi atau Badan yang merupakan ujung tombak untuk meningkatkan layanan publik terkait pengaduan masyarakat, Maya meminta agar ada realisasi dan komitmen bersama guna menindaklanjuti setiap aduan yang diterima.

Menurutnya, aplikasi baru “Sidumas” sudah dapat dipergunakan secara online, sehingga mempermudah unit terkait untuk memproses dan memantau progress dari aduan masyarakat tersebut.

“Jadi tidak ada alasan komisi telat menerima aduan masyarakat, kedua ada fasilitas yang mencatat apakah aplikasi di Komisi itu sudah ditindaklanjuti atau belum. Ini juga sangat bermanfaat bagi peningkatan kinerja dewan sebagai representasi dari masyarakat, artinya semua pengaduan dari masyarakat dapat ditindaklanjuti,” jelas Maya.

Selain itu, Maya juga mengimbau agar pegawai lebih membuka diri jika menerima pengaduan terkait kinerja pegawai di lingkungan Setjen itu sendiri. Dengan harapan dapat mewujudkan akuntabilitas kinerja di lingkungan lembaga pemerintahan, sesuai dengan agenda reformasi birokrasi.

“Saya meminta semua berbesar hati terhadap perubahan diri sendiri dan menerima pengaduan-pengaduan kinerja jika ada untuk kemajuan kita bersama,” pesan Maya.

KEYWORD :

Warta DPR Setjen DPR Pimpinan DPR Aplikasi Pengaduan Masyarakat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :