Sabtu, 27/04/2024 09:32 WIB

Sukses Kendalikan Covid-19, Lima Provinsi Ini Dipuji Jokowi

Target dunia sekarang ini adalah bagaimana menekan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan setinggi-tingginya

Presiden Joko Widodo.

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada lima provinsi yang dinilai baik dalam penanganan dan pengendalian Covid-19. Kelima provinsi tersebut adalah DI Yogyakarta, Bangka Belitung, Aceh, Sumatra Barat, dan Gorontalo.

“Saya mengapresiasi kerja provinsi-provinsi, Bapak-Ibu sekalian para Gubernur, dan dalam penanganan Covid-19 ini dari seluruh parameter yang kita miliki memang DIY (D.I. Yogyakarta) yang paling baik, Pak Wagub, Bangka Belitung, juga masuk. Ini yang lima besar yang baik. Aceh juga masuk, yang ketiga. Sumbar juga masuk, dan Gorontalo. Ini dengan parameter-parameter yang dimiliki oleh Gugus Tugas Pusat,” ungkap Joko Widodo seperti yang dinukil di Setkab.go.id, Rabu (15/7/2020).

Namun bukan berarti, provinsi lainnya tidak baik dalam menangani dan mengendalikan pandemi Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Menurut, Jokowi, provinsi-provinsi lain di Indonesia sudah melakukan pengendalian yang baik.

Bahkan Provinsi Papua Barat dinilainya sudah berhasil dalam pengendalian Covid-19, karena banyak pasien yang sudah sembuh dan korban meninggal hanya empat orang saja.

Joko Widodo menegaskan, target dunia sekarang ini adalah bagaimana menekan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan setinggi-tingginya.

Namun disamping dua hal tersebut, negara-negara di dunia juga terus berupaya mengendalikan pertambahan kasus positif Covid-19 meski sangat sulit.

Justru pemerintah dari negara-negara tersebut, menginginkan ketiga hal itu dapat dilakukan secara bersamaan. Karena kalau ketiganya bisa dilakukan, maka positivity rate bisa diturunkan.

“Tapi kalau bisa tiga-tiganya, kasus positifnya turun, berarti positivity rate-nya, persentasenya juga turun tetapi angka kesembuhan dinaikkan, angka kematian diturunkan serendah-rendahnya. Ini bukan hal yang gampang,” tutur Jokowi.

KEYWORD :

Joko Widodo Provinsi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :