Selasa, 29/09/2020 20:54 WIB

Kecam Arab Saudi, Iran Pastikan Tetap Kirim Bantuan ke Yaman

 Republik Islam Iran akan terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mentransfer bantuan kemanusiaan ke Yaman.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif

Teheran, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, Iran akan terus berupaya untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Yaman, dan mengecam kelanjutan perang yang dipimpin Arab Saudi di negara tersebut.

Zarif membuat pernyataan itu pada Selasa (14/7) selama panggilan video dengan Hisyam Sharaf Abdullah, rekannya dari Pemerintah Keselamatan Nasional Yaman.

Gerakan Houthi Ansarullah yang populer di Yaman membentuk pemerintah bersama dengan sekutunya pada tahun 2016 untuk melakukan administrasi urusan dalam negeri negara tersebut.

Sekutu dipaksa untuk bersatu setelah mantan pemerintah sekutu Yaman di Yaman melarikan diri dari negara itu di tengah kebuntuan politik, menolak untuk tetap tinggal dan menegosiasikan kekuasaan.

Pemerintah baru juga ditugaskan menangani perang agresi tanpa henti dan pengepungan serentak yang dilakukan Arab Saudi dan beberapa negara lain terhadap Yaman dengan dukungan Amerika Serikat untuk mencoba dan mengembalikan bekas pejabat sekutu Riyadh yang bersekutu.

Invasi telah menewaskan puluhan ribu orang Yaman dan mendorong negara itu dekat ke tepi kelaparan habis-habisan.

"Meskipun ada batasan dan penghalang, Republik Islam Iran akan terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mentransfer bantuan kemanusiaan (ke Yaman) untuk (membantunya) menghadapi penyebaran virus corona," kata Zarif.

"Kelanjutan invasi dan blokade menindas Yaman oleh koalisi yang dipimpin Arab Saudi, dan menyita kapal-kapal yang membawa bahan makanan dan bahan bakar ke negara di tengah epidemi virus corona tidak dapat diterima," tambahnya.

Zarif menegaskan kembali sikap Iran untuk mempertimbangkan solusi politik sebagai jalan keluar dari krisis Yaman, mengatakan Teheran bekerja sama secara konstruktif dengan Yaman yang peduli dan partai-partai internasional dengan tujuan memulihkan perdamaian di negara tersebut

Dalam konteks yang sama, Zarif mengatakan, cara mengembalikan stabilitas ke negara itu adalah menghormati integritas wilayah Yaman serta persatuan dan dialog politik berbasis luas di antara berbagai kelompok partai Yaman menuju pembentukan pemerintahan inklusif.

Pejabat Yaman, untuk bagiannya, menyatakan terima kasih kepada Republik Islam untuk dukungan politik dan kemanusiaan untuk negara di tengah invasi dan blokade.

Dilansir dari Press TV, ia juga memberi Zarif laporan tentang perkembangan politik dan lapangan terbaru tentang Yaman dan pandangan krisis.

TAGS : Mohammad Javad Zari Negara Yaman Iran Negara Miskin Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :