Senin, 28/09/2020 05:12 WIB

H-4 Pemilu Polandia, Trump Janjikan Penambahan Militer

Pernyataan ini disampaikan saat ia menjamu pemimpin Polandia Andrzej Duda di Gedung Putih, hanya empat hari sebelum pemilihan umum Polandia.

Armada pesawat tempur F-16 buatan Amerika mengudara dengan formasi di atas bandara Sungshan Taipei pada 2 September 2007 (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana memindahkan pasukan militer dari Jerman ke Polandia.

Pernyataan ini disampaikan saat ia menjamu pemimpin Polandia Andrzej Duda di Gedung Putih, hanya empat hari sebelum pemilihan umum Polandia.

"Kami akan mengurangi pasukan kami di Jerman dari 52.000 menjadi 25.000 tentara", kata Trump dikutip dari France 24 pada Kamis (25/6).

"Beberapa akan pulang dan beberapa akan pergi ke tempat lain. Polandia akan menjadi salah satu tempat lain," lanjut dia.

Duda memuji keputusan Trump sangat masuk akal, dengan alasan keamanan Eropa sangat penting. Karenanya, ia berharap Washington tidak menarik pasukan dari Benua Biru.

Pertemuan Duda dengan Trump dilakukan hanya empat hari sebelum rakyat Polandia akan memberikan suara dalam pemilu untuk masa jabatan kedua calon petahana. Pertemuan tersebut dikritik lawan politiknya sebagai upaya mengamankan jabatan.

"Presiden Duda baik-baik saja di Polandia. Dia melakukan pekerjaan yang hebat," terang Trump.

"Saya kira dia tidak membutuhkan bantuan saya," sambung Trump.

Trump tidak memberikan angka berapa pun jumlah pasukan AS yang akan dipindahkan dari Jerman ke Polandia.

Dia juga mengulangi pernyataannya soal Jerman yang tidak membayar bagian yang adil dari anggaran pertahanan NATO.

Menurut surat kabar Polandia Dziennik Gazeta Prawna, 30 jet tempur F-16 AS yang ditempatkan di Jerman dapat dipindahkan ke Polandia bersama dengan sekitar 2.000 tentara.

TAGS : Polandia Militer AS Donald Trump Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :