Jum'at, 26/04/2024 07:03 WIB

OKP Sosialisasi dan Edukasi Pandemi COVID-19 di Pasar DKI

Tujuan kegiatan ini juga untuk melihat situasi pasar, respon pedagang, respon pengelola, respon pembeli dalam masa pandemi COVID-19.

Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Mitra Pendukung, Muhammad Solihin. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) melakukan sosialisasi dan edukasi pandemi  virus corona baru atau yang dikenal COVID-19 ke 10 pasar di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Di antara pasar itu adalah Pasar Rawa Badak, Pasar Walang Baru, Pasar Ular Plumpang, Pasar Sindang, Pasar Pelita, Pasar Ular Permai, Pasar Kebon Bawang dan Jakarta Pusat, Pasar Rawasari, Pasar Johar dan Pasar sumur batu.

Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas OKP Mitra Pendukung, Muhammad Solihin mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesadaran kepada 500 pedagang di pasar Jakarta Utara dan Jakarta Pusat tentang COVID-19.

"Kami memberikan edukasi bagaimana menjaga kesehatan dengan cara memakai face shield, masker dan selalu cuci tangan setelah selesai bertransaksi keuangan dengan pembeli," ujar Solihin dalam ketearangan tertulisnya pada 6 Juni 2020 yang diterima jurnas.com, Jumat (12/6).

Dijelaskan lebih lanjut Solihin, tujuan kegiatan ini juga untuk melihat situasi pasar, respon pedagang, respon pengelola, respon pembeli dalam masa pandemi COVID-19.

Dengan demikian, OKP dan Gugus Tugas dapat menganalisis hasil dari pencegahan yang dilakukan dan memberikan masukan kepada pengelola pasar dari hasil temuan yang di dapat.

"Hasil temuan yang di dapat menjadi masukan kepada pemerintah untuk membuat kebijakan. Harapan dalam kegiatan ini adalah dapat menekan pandemi COVID 19 dan menurunkan PDP, ODP dan Positif COVID 19," ujar Solihin.

Hadir dalam acara ini Relawan Satgas Penanganan COVID-19 Ikatan Putra Putri Indonesoa (IPPI), Brigade Gerakan Pemuda Islam Indonesia (Brigade GPII), Ikatan Keluarga Mahasiswa Indonesia Sulawesi Selatan (IKAMI Sulsel), Brigade Pelajar Islam Indonesia (BPII) Relawan Satgas Penanganan Covid 19 Ikatan Putra Putri Indonesoa (IPPI)) Generasi Muda Mathla`ul Anwar (GEMA Mathla`ul Anwar), Komunitas Cinta Bangsa (KCB), Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Junior Doktors Network Indonesia (JDNI), Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) dan Pemuda Muslimin Indonesia (PMI) dan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program yang sama sebelumnya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk pencegahan pandemi COVID 19 adalah dengan cara memberikan sosialisasi kepada pedagang di 10 pasar DKI Jakarta.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada pukul 11.00-selesai. Sosialisasi dilakukan untuk menekan pandemi COVID 19 dengan cara memberikan sosialisasi kepada pedagang untuk selalu menggunakan masker, cuci tangan dan tidak menyentuh muka. Alat yang diberikan dalam sosialisasi adalah masker, handsanitizer, face shield dan leaflet tentang COVID 19.

KEYWORD :

Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Sosialiasasi COVID-19 Muhammad Solihin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :