Kamis, 25/04/2024 17:16 WIB

Songsong `New Normal`, Kemenpora Susun Draft Olahraga Indonesia

Meski pandemi Covid-19, namun, Kemenpora dan stake holder olahraga lainnya tetap beraktifitas merumuskan draft olahraga guna menghadapi era `New Normal`

Menpora RI, Zainudin Amali

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan dunia olahraga di Indonesia tidak boleh berhenti meskipun ada wabah Corona (Covid-19).

Menurut Menpora, pihaknya saat ini sedang merumuskan beberapa draft untuk menjadi protokol kesehatan di bidang olahraga menuju era New Normal di tengah pandemi. 

"Di tengah pandemi ini kita harus tetap produktif, saat ini kami sedang menyusun draft yang nantinya akan dijadikan protokol kesehatan di bidang olahraga setelah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait seperti Kemenkes, Kemenko PMK, BNPB dan berbagai sektor terkait lainnya," kata Menpora saat jumpa pers secara virtual bersama media di Jakarta, Jumat (29/05/2020) sore. 

Kemenpora, KONI Pusat, NOC Indonesia dan Formi Nasional akan memberikan draft yang nanti akan menjadi keputusan resmi pemerintah.

Menpora melanjutkan, untuk Kompetisi, kejuaraan, pertandingan olahraga baik prestasi maupun olahraga-olahraga yang ada di tengah masyarakat dan pelaksanaan pelatda maupun pelatnas akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas Kabinet.

"Kemenpora tetap berpatokan pada Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 kita akan lihat tahap olahraga ini masuk ke tahap keberapa, kita tidak akan membuat aturan sendiri tanpa koordinasi dengan berbagai pihak lain jadi produk yang akan dikeluarkan nantinya sebagai protokol di bidang keolahragaan adalah produk resmi dari pemerintah," ujar Menpora.

Sementara itu, Ketua Umum FORMI Nasional, Hayono Isman mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenpora yang sedang mempersiapkan draft protokol Covid-19 dalam rangka menyongsong New Normal.

"Formi sebagai wadah berhimpun dari lebih 60-an induk organisasi yang anggotanya jutaan di seluruh Indonesia melihat langkah Kemenpora ini sebagai sesuatu yang penting," ujarnya.

Selain untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, langkah Kemenpora, lanjut Hayono juga bagus untuk pemulihan dari Covid-19 dan membuat olahraga berperan menjadi motor percepatan pemulihan dari pandemi selain didukung dengan disiplin masyarakatnya yang tinggi.

Semnetara itu, Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menegaskan, pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan pemerintah dan semua stake holder.

"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah, Kemenpora dan semua stakeholder terkait dan apapun situasi ini adalah hasil perjuangan kita bersama harapannya kita bisa melewati dan tetap menjaga prestasi olahraga Indonesia," ujar Raja Sapta Oktohari. 

Turut hadir dalam jumpa pers virtual ini Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Wakil Ketum KONI Pusat Suwarno.

KEYWORD :

New Normal Olahraga Menpora




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :