Jum'at, 26/04/2024 00:15 WIB

PLP Tanjung Uban Kirim 2 Kapal Patroli Kawal MT. Sea Rider Lego Jangkar

Kapal tanker dengan GT 996 berbendera Thailand ini baru saja lepas dari kandasnya, Selasa (19/5/2020).

Kapal patroli milik Pangkalan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban, Kepulauan Riau sedang mengawal kapal tanker MT Sea Rider.

TANJUNG BALAI KARIMUN, Jurnas.com – Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban, Kepulauan Riau mengerahkan kapal patroli KN. Sarotama P-112 dan kapal KN.P.366 untuk mengawal kapal tanker MT. Sea Rider lego jangkar di Pulau Sambu.

Kapal tanker dengan GT 996 berbendera Thailand ini baru saja lepas dari kandasnya, Selasa (19/5/2020) di perairan sekitar 300 meter dari Pulau Pelampung yang berjarak ±1 Mil dari TSS Selat Singapura pada tanggal 12 Mei 2020 pukul 20.00 WIB.

Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Patroli dan Penjagaan, KSOP Tanjung Balai Karimun, Capt. Herbert Marpaung menjelaskan bahwa kapal tersebut mengangkut 7 orang awak kapal termasuk Nakhoda yang seluruhnya berkebangsaan Thailand.

"Pada Selasa (19/5/2020) pukul 07.35 WIB pada saat air pasang tinggi, kapal MT. Sea Rider berhasil dilepaskan dari kondisi kandas dengan menggunakan kapal tunda HANGTUAH milik PT. Pelindo I (Persero) dan selanjutnya ditarik untuk dilabuhkan di perairan Pulau Sambu," jelas Herbert, Rabu (20/5/2020).

Menurut Herbert, pihaknya juga melakukan pemeriksaan awal terhadap awak kapal  dan kendala yang dihadapi dalam pemeriksaan adalah masalah komunikasi dengan awak

kapal yang tidak memahami Bahasa Inggris sehingga Kantor KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dalam berkomunikasi menggunakan jasa penterjemah.

Herbert juga menyebutkan bahwa proses lepas dari kandasnya, prosedur protokol kesehatan Covid 19 juga tetap dilaksanakan dengan disiplin.

"Seluruh awak kapal tersebut telah melalui pemeriksaan kesehatan dalam rangka antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP," tutup Herbert.

KEYWORD :

PLP Tanjung Uban MT Sea Rider kapal patroli




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :