Rabu, 24/04/2024 20:39 WIB

Argentina Perpanjang Lockdown Hingga 24 Mei

Lockdown di Argentina sekarang akan tumpang tindih dengan tenggat waktu utama dalam restrukturisasi utang pemerintah

Negara Argentina (Perjalanan Dunia)

Buenos Aries, Jurnas.com - Presiden Argentina Alberto Fernandez umumkan memperpanjang masa lockdown virus Corona (Covid-19) secara nasional hingga 24 Mei 2020.

Keputusan itu berarti negara terbesar kedua di Amerika Selatan itu akan menghabiskan setidaknya dua bulan masa karantina. Kebijakan ini sekaligus menjadi salah satu pendekatan paling ketat di kawasan itu.

"Saya akan merawat orang-orang sebelum hal lain," kata Presiden Alberto Fernandez di istana presiden di Buenos Aires.

Hingga Jumat, Argentina miliki 5.371 kasus yang dikonfirmasi dan 285 kematian, angka yang jauh lebih rendah daripada negara tetangga Brazil yang telah menyaksikan kematian oleh ratusan orang dalam beberapa hari terakhir.

Fernandez menerapkan lockdown pada 20 Maret dan telah mengakui akan adanya konsekuensi ekonomi. Ekonomi Argentina akan menyusut 7 persen tahun ini setelah mengalami kontraksi pada 2018 dan 2019.

Lockdown di Argentina sekarang akan tumpang tindih dengan tenggat waktu utama dalam restrukturisasi utang pemerintah.

Jika pemerintah tidak mencapai kesepakatan dengan pemegang obligasi untuk merestrukturisasi utang US$65 miliar pada 22 Mei, Argentina akan mendapatkan status gagal bayar atau default.

Tawaran pemerintah saat ini kepada pemegang obligasi berakhir pada hari Jumat lalu dan Menteri Ekonomi Martin Guzman diharapkan mengumumkan langkah selanjutnya

KEYWORD :

Lockdown Covid-19 Argentina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :