Jum'at, 19/04/2024 18:07 WIB

Kata Menlu Pompeo, Korea Utara Berisiko Kelaparan

Pompeo juga mencatat bahwa Washington memantau dengan cermat situasi di Korea Utara mengenai risiko virus corona (COVID-19) dan juga denuklirisasi negara itu.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan belum melihat pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan memantau laporan tentang kesehatannya.

"Kami belum melihatnya. Kami tidak memiliki informasi untuk dilaporkan hari ini, kami mengawasinya dengan cermat," kata Pompeo pada konferensi pers mingguannya pada Rabu (29/4).

Pompeo juga mencatat bahwa Washington memantau dengan cermat situasi di Korea Utara mengenai risiko virus corona (COVID-19) dan juga denuklirisasi negara itu.

Mantan Direktur Central Intelligence Agency (CIA) menambahkan, ada risiko nyata bahwa akan terjadi kelaparan di dalam Korea Utara.

"Terlepas dari apa yang terjadi di dalam Korea Utara sehubungan dengan kepemimpinan mereka, misi kami tetap sama - untuk memenuhi komitmen yang dibuat Ketua Kim Jong un dengan Presiden Trump di Singapura, dan itulah ... ... denuklirisasi Korea Utara yang terverifikasi," tegas Pompeo.

Kim Jong un belum muncul di depan umum sejak memimpin pertemuan pada 11 April, memicu spekulasi tentang kesehatannya dan meningkatkan kekhawatiran tentang ketidakstabilan negara.

Sementara itu, pejabat Korea Selatan membantah desas-desus itu, menyatakan bahwa Kim  Jong un masih hidup dan sehat.

Pernyataan Pompeo datang setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan telah mengetahui status kesehatan pemimpin Korea Utara itu tetapi tidak dapat menjelaskannya.

"Saya harap dia baik-baik saja. Saya tahu bagaimana keadaannya, secara relatif," kata Trump saat berbicara di Gedung Putih di Gedung Putih pada  Senin (27/4).

"Kita lihat. Anda mungkin akan mendengar di masa depan yang tidak terlalu jauh," sambungnya.

Trump dan Kim Jong un sudah bertemu tiga kali pada 2018 dan 2019 dalam upaya untuk mencapai kesepakatan yang akan menjamin denuklirisasi Pyongyang dalam pertukaran untuk bantuan ekonomi, namun tidak berhasil. (Press TV)

KEYWORD :

Mike Pompeo Kim Jong un Korea Utara Kabar Meninggal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :