Jum'at, 22/01/2021 04:02 WIB

Satelit AS Ungkap Tempat Tinggal Kim Jong Un

Sebuah kereta diperkirakan milik pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, terlihat di sebuah kota peristirahatan elit di Wonsan pada 21 April dan 23 April lalu.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: BBC)

Pyongyang, Jurnas.com - Sebuah kereta diperkirakan milik pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, terlihat di sebuah kota peristirahatan elit di Wonsan pada 21 April dan 23 April lalu.

Kabar ini dikutip dari CNA pada Minggu (26/4), berdasarkan foto-foto satelit Amerika Serikat (AS) di laman 38North, di tengah spekulasi mengenai kesehatan Kim beberapa hari terakhir.

38North memperingatkan bahwa kehadiran kereta itu "tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara tersebut, maupun menunjukkan apa pun tentang kesehatannya".

"Tapi itu memberikan bobot pada laporan bahwa Kim tinggal di daerah elit di pantai timur negara itu," imbuh laman tersebut.

Ada dugaan yang berkembang tentang kesehatan Kim sejak ketidakhadirannya yang mencolok dalam perayaan ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April lalu yang merupakan hari paling penting dalam kalender politik Korea Utara.

Kim belum muncul ke publik sejak memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh pada 11 April dan memeriksa latihan dengan jet tempur di unit pertahanan udara, yang dilaporkan oleh media pemerintah pada 12 April.

Daily NK, outlet media online yang sebagian besar dijalankan oleh para pembelot Korea Utara, telah melaporkan Kim menjalani prosedur kardiovaskular awal bulan ini dan sedang pulih di sebuah villa di provinsi Pyongan Utara.

Mengutip sumber anonim, Kim konon membutuhkan perawatan segera karena merokok berat, obesitas, dan kelelahan.

TAGS : Korea Utara Kim Jong Un Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :