Rabu, 08/07/2020 08:39 WIB

Didekati 11 Kapal Iran, Kapal Patroli AS Panik

Angkatan Laut Amerika Serikat mengklaim bahwa 11 kapal Iran berulang kali mendekati kapal patroli militernya.

Ilustrasi

Teheran, Jurnas.com - Angkatan Laut Amerika Serikat mengklaim bahwa 11 kapal Iran berulang kali mendekati kapal patroli militernya.

Dikutip dari Press TV pada Kamis (16/4), Komando Pusat Angkatan Laut AS menilai tindakan itu berbahaya dan melecehkan kapal militer AS di Teluk Persia.

"Kapal Iran berulang kali melintasi busur dan buritan kapal AS pada jarak yang sangat dekat dan kecepatan tinggi, dan datang dalam jarak 10 meter dari Coast Guard AS, Maui.

Teheran belum menanggapi tuduhan tersebut, namun dalam kasus sebelumnya kapal-kapal Amerika kerap kali melanggar kedaulatan laut Iran.

"Kru AS mengeluarkan banyak peringatan melalui radio jembatan-ke-jembatan, lima ledakan pendek dari klakson kapal dan perangkat pembuat suara akustik jarak jauh, tetapi tidak mendapat tanggapan," klaim pernyataan itu.

"Tindakan berbahaya dan provokatif meningkatkan risiko kesalahan perhitungan dan tabrakan, (dan) tidak sesuai dengan Konvensi yang diakui secara internasional tentang Peraturan Internasional untuk Mencegah Tabrakan di Laut," imbuh AS.

Teheran merupakan kritikus gigih petualangan imperialis AS di Teluk Persia dan seluruh dunia. Iran telah berulang kali menegaskan bahwa mereka akan siap untuk membela kepentingan regionalnya dalam menghadapi agresi AS.

TAGS : Kapal Patroli AS Amerika Serikat Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :