Senin, 06/04/2020 14:52 WIB

Kanada Segara Luncurkan Jaringan 5G dengan Huawei

Kanada sedang meninjau implikasi keamanan jaringan 5G, termasuk apakah akan mengizinkan Huawei memasok peralatan jaringan 5G atau tidak.

Arab Saudi meluncurkan jaringan 5G komersial pertama di wilayah tersebut. (File / Reuters)

Ottawa, Jurnas.com - Operator telekomunikasi Kanada, Telus Corp (T.TO) akan segera mulai meluncurkan jaringan 5G  bersama peralatan Huawei Technologies Co Ltd.

Demikian kata Chief Financial Officer dan Wakil Presiden Eksekutif Telus, Doug French.

"Sangat penting bagi kami untuk meluncurkan jaringan kami ketika waktunya tepat. Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah Kanada dalam membangun ekosistem," kata French.

Kanada sedang meninjau implikasi keamanan jaringan 5G, termasuk apakah akan mengizinkan Huawei memasok peralatan jaringan 5G atau tidak. Tetapi Telus memperingatkan biaya yang lebih tinggi terkait pengaturan jaringan nirkabel 5G jika pemerintah Kanada melarang Huawei.

Sementara itu, para jaksa penuntut Amerika Serikat (AS) pada hari yang sama menuduh Huawei mencuri rahasia dagang dan membantu Iran melacak pengunjuk rasa dalam dakwaan terbarunya terhadap perusahaan China.

Putri pendiri perusahaan teknologi Huawei dan sekaligus direktur keuangan Huawei, Meng Wanzhou,  saat ini dalam tahanan Kanada menunggu keputusan ekstradisi ke AS

Partai Konservatif Kanada mengatakan dalam sebuah pernyataan Partai Liberal Trudeau menolak untuk mengambil posisi di Huawei.

"Justin Trudeau dan pemerintah Liberalnya harus mengambil tindakan segera untuk melindungi keamanan nasional dan privasi Kanada kami dan melarang Huawei dari jaringan 5G Kanada," katanya. (Reuters)

TAGS : Jaringan 5G Kanada Generasi Kelima Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :