Jum'at, 23/10/2020 15:07 WIB

Virus Corona Makin Meluas, Filipina Blokir Visa on Arrival Wisatawan China

Wisatawan asal China kerap menggunakan visa on arrival, terutama sejak warga negara tersebut memperoleh hak istimewa dari Departemen Pariwisata sejak 2017.

Ilustrasi

Manila, Jurnas.com - Pemerintah Filipina menangguhkan visa on arrival bagi wisatawan yang berasal dari Wuhan, China demi mencegah penyebaran virus corona.

Komisaris Imigrasi Filipina, Jaime Morente mengatakan, wisatawan asal China kerap menggunakan visa on arrival, terutama sejak warga negara tersebut memperoleh hak istimewa dari Departemen Pariwisata sejak 2017.

"Bahkan Dewan Penerbangan Sipil telah menangguhkan penerbangan langsung dari Wuhan," ujar Morente, seperti dinuklir dari The Philippine Star.

Wuhan adalah salah satu kota di Provinsi Hubei, China, yang teridentifikasi sebagai pusat penyebaran wabah virus corona baru atau nCoV.

Visa on arrival adalah izin tinggal untuk sementara yang diberikan kepada wisatawan setibanya ia di negara tujuan.

Meski begitu, Morente menegaskan bahwa negaranya tak melarang wisatawan China berkunjung ke Filipina. "Kami menagmbil langkah proaktif untuk memperlambat perjalanan, untuk membantu mencegah masuknya 2019-nCov," katanya.

Pekan lalu, Biro Imigrasi menolak aplikasi visa on arrival untuk kelompok wisata yang akan terbang dari Wuhan, setelah Badan Penerbangan Sipil Filipina mengumumkan penangguhan seluruh penerbangan langsung dari kota di Provinsi Hubei itu ke Filipina.

aat ini, virus yang menyerupai Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS) juga sudah menyebar ke Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Thailand, AS, Singapura, Prancis, Malaysia, Nepal, Australia, Kanada, Vietnam dan Jerman.

TAGS : Virus Corona Virus Misterius Asia Tenggara Filipina




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :