Rabu, 26/02/2020 00:36 WIB

Dirut Transjakarta Dicopot

Ketua DPRD: Siapa Sih Yang Bisikin Gubernur Anies?

Informasi ini terbukti salah karena Donny dicopot dari posisinya beberapa hari setelah menjabat.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi penasaran terhadap pihak yang diduga memberi informasi dan keterangan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebelum menunjuk Donny Andy Saragih sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Informasi ini terbukti salah karena Donny dicopot dari posisinya beberapa hari setelah menjabat.

"Saya enggak ngerti yang bisikin Gubernur Anies ini siapa sih? Padahal disitu banyak tokoh-tokoh yang bagus malah di-down grade (diturunkan)," kata Prasetio di Jakarta, Senin (27/01/2020).

Prasetio juga mempertanyakan proses uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk direksi BUMD. Dia menilai, proses tersebut gagal untuk mengetahui rekam jejak calon pimpinan BUMD.

Prasetio meminta mantan Menteri Pendidikan itu tidak memaksakan sosok tertentu untuk menduduki jabatan di perusahaan daerah jika terlilit masalah, apalagi terkait kasus pidana.

"Anggaran Jakarta ini kan besar. Kami ingin BUMD dipegang oleh orang yang baik. Kalau saya tukang berantem, masuk penjara bukan Dirut lain cerita. Kalau ini (Donny Saragih) dengan posisi sama, masalah yang sama, lalu ditempatkan yang sama. Nah, ini ada apa gitu loh," ucapnya.

Meski demikian, Anies tetap harus bertanggung jawab atas insiden yang terjadi, termasuk soal pembatalan surat keputusan untuk Dirut Transjakarta.

"Jangan nyalahin anak buah, semua tanggung jawab pimpinan bukan anak buah. Itu baru seorang pemimpin. Berani berbuat, berani tanggung jawab," ucapnya.

Diketahui, baru menjabat sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sejak Kamis tanggal 23 Januari 2020 usai dilaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB), Donny Andy S. Saragih akhirnya dibatalkan dari penunjukannya pada Senin (27/01/2020).

"Pembatalan ini, dilakukan karena Donny Saragih yang selama ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (2017-2022), terbukti telah menyatakan hal yang tidak benar untuk kepentingannya dalam mengikuti proses seleksi sebagai direksi BUMD," kata Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Faisal Syafruddin.

 

TAGS : Anies Baswedan Prasetio Edi Marsudi Transjakarta




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :