Selasa, 18/02/2020 11:45 WIB

PM Hongaria Sebut PKB Sebagai Parpol Pemberi Inspirasi

Sekitar setahun yang lalu saya bertemu dengan PKB. PKB saya lihat merupakan partai yang menginspirasi.

Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar bersama PM Hongaria Viktor Orban

Yogyakarta, Jurnas.com - Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban menyebut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai partai yang memberi inspirasi dalam membangun tatanan masa depan dunia di abad ke21, termasuk dalam memperkuat perdamainan dan toleransi.

"Sekitar setahun yang lalu saya bertemu dengan PKB. PKB saya lihat merupakan partai yang menginspirasi," ujar Viktor saat menghadiri Executive Committee Meeting Pimpinan Partai Politik (Parpol) se-dunia yang tergabung dalam Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta, Kamis (23/1/2020).

Ia menjelaskan, apa yang diawarkan PKB sangat pas dengan permasalahan yang terjadi di Eropa saat ini, khususnya terkait isu politik identitas dan keagamaan.

Kata Viktor, masyarakat di Eropa menghadapi problematika dalam mempertahankan identitas nasional dan kristianitas, di mana kekuatan liberal berusaha memperkenalkan era baru, yaitu pasca-Kristian.

"Saya rasa identitas merupakan hal yang penting bagi manusia. Terutama dalam hal identias keagamaan," jelasnya.

Bagi Viktor, PKB mampu menunjukkan cara berpolitik yang benar dan memahami secara filosofis kondisi sosial masyarakat, sehingga bisa tumbuh dan memberi manfat bagi masyarakat.

"Menurut saya PKB ini sangat mendidik dan sangat menarik," jelasnya.

Viktor menilai partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu sudah membuka jalan untuk bersama-sama membangun satu platform politik, yang dapat diterapkan oleh para politisi dan para pembuat kebijakan di mana pun berada, meskipun tinggal beribu-ribu mil jauhnya.

"Sebagai seorang Hongaria, saya berterima kasih untuk memahami gerakan Islam dan bagaimana mengekspresikan diri mereka secara politis. Saya melihat, kita melangkah semakin dekat. Kedekatan kita semakin erat," jelasnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sendiri dipercaya menjadi tuan rumah Executive Committee Meeting Pimpinan Partai Politik (Parpol) dari seluruh dunia yang tergabung dalam Centrist Democrat International (CDI).

Forum Eurasia CDI itu diikuti pimpinan partai politik, tokoh agama, akademisi, dan pembuat kebijakan dari berbagai budaya dan agama di dunia. Pertemuan dihelat di Hotel Hyatt Regency di Yogyakarta, pada 23-25 Januari 2020.

PM Hongaria termasuk sebagai peserta, dan ia menjadi pembicara dalam forum yang disebut Humanisme Barat dan Christian Democracy, dan Humanitarian Islam beraliansi 21th Century.

TAGS : PKB PM Hongaria CDI




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :