Senin, 28/09/2020 13:30 WIB

Barcelona Belum Pernah Pecat Pelatih Sejak 2003

Guardiola dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Barcelona

Barcelona

Jakarta, Jurnas.com - Klub-klub papan atas Eropa seperti Manchester United, Real Madrid, Chelsea terkenal dengan pemecatan pelatih, jika dianggap tak mampu membawa tim meraih prestasi.

Namun raksasa Katalan Barcelona enggan memecat pelatih. Hal itu terbukti sejak 2003 hingga sekarang, Blaugrana tercatat belum pernah memecat pelatih di pertengahan musim.

Dilansir Marca, lima pelatih, 145 pertandingan, dan 17 tahun kemudian, tercatat belum ada manajer yang ditendang Blaugrana pada pertengahan musim.

Terakhir pada tanggal 26 Januari 2003, setelah kalah 2-0 di Vigo melawan Celta, Barcelona duduk di urutan ke-12 dalam tabel LaLiga Santander dan Joan Gaspart mengakhiri musim kedua Louis van Gaal yang bertanggung jawab atas klub Camp Nou.

Pelatih asal Belanda digantikan oleh Antonio de la Cruz, kemudian Radomir Antic yang mengambil alih jabatan sementara sampai akhir musim dengan klub dalam masa transisi sebelum Frank Rijkaard tiba.

Rijkaard memenangkan Liga Champions pertamanya sebagai pelatih dan Barcelona yang kedua dengan kemenangan atas Arsenal di Paris, tetapi meskipun begitu itu tidak cukup untuk memberikan keamanan kepada pemain Belanda itu, dan ia akhirnya memberi jalan bagi Pep Guardiola.

Guardiola dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Barcelona, dan bos Manchester City saat ini memiliki empat musim spektakuler di Camp Nou. Piala yang tak terhitung jumlahnya dan salah satu kampanye terbaik dalam sejarah sepakbola modern.

Yang mengatakan, kampanye 2012/13 adalah salah satu yang paling rumit bagi mereka di Barcelona mengingat penyakit yang disayangkan Tito Vilanova.

Setahun kemudian Tata Martino memimpin Barcelona untuk satu musim, meskipun jika dia melanjutkan, dia mungkin akan dipecat karena gaya sepak bola dan metode tidak pernah sejalan dengan yang diharapkan di klub.

Dengan Luis Enrique sejarah dibuat pada 2014/15 ketika klub treble, tetapi krisis dipicu menyusul kekalahan di Anoeta yang membuatnya lebih memilih ke luar, daripada di dalam Camp Nou.

Valverde tiba untuk musim 2017/18 dan setelah dua kekalahan yang membawa malapetaka, pertama di Stadio Olimpico di Roma, kemudian di Anfield melawan Liverpool, sepertinya krisis di Jeddah akan menyebabkan dia kehilangan posisinya sebagai pelatih.

TAGS : Klub Barcelona Pemecatan Pelatih Ernesto Valverde




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :