Sabtu, 20/04/2024 17:42 WIB

Trump Minta Dukungan Lawan Iran, Eropa Pesimistis

Yang terbaru, presiden asal Partai Republik itu mendesak sejumlah negara untuk meninggalkan perjanjian nuklir 2015, yang selama ini digunakan untuk membatasi aktivitas nuklir Iran.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. (Foto: Ludovic Marin / Reuters)

Washington, Jurnas.com - Ketegangan yang melonjak antara Amerika Serikat (AS) dan Iran di Timur Tengah, mendorong Presiden Donald Trump mencari dukungan di sana-sini.

Yang terbaru, presiden asal Partai Republik itu mendesak sejumlah negara untuk meninggalkan perjanjian nuklir 2015, yang selama ini digunakan untuk membatasi aktivitas nuklir Iran, dikutip dari CNA pada Jumat (10/1).

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, salah satu sekutu internasional terdekat Trump, sudah menelepon Presiden Iran. Hasilnya, menurut Downing Street, kesepakatan nuklir tetap menjadi "regulasi terbaik saat ini yang tersedia".

Serangan pesawat tanpa awak AS pada 3 Januari 2020 lalu, menewaskan Qasem Soleimani, jenderal Iran paling kuat dan juga musuh bebuyutan AS. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei berjanji akan melakukan balas dendam atas serangan tersebut.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, dalam sebuah pernyataan terbuka mengatakan kepada Fox News pasca pembunuhan Soleimani, bahwa Eropa "tidak membantu seperti yang saya harapkan."

Trump dan Pompeo juga berang dengan vandalisme milisi Irak pro-Iran di kedutaan besar AS di Baghdad, dan tembakan roket ke pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan AS.

Rachel Rizzo, seorang pakar keamanan trans-Atlantik di Pusat Keamanan Amerika Baru, meragukan Eropa akan tiba-tiba mengubah arah kesepakatan nuklir setelah melihat gejolak dalam kekerasan, yang termasuk pembalasan Iran di pangkalan Irak di rumah bagi pasukan AS.

"Cukup tak terduga bagi saya bahwa sekutu-sekutu Eropa akan melompat dan mengikuti Trump ke dalam jurang yang dalam ini, ia tampaknya mengirim kami masuk," kata Rizzo.

Dengan kondisi Washington dan Eropa berselisih soal Iran, "Saya pikir akan ada peningkatan ketegangan antara kedua belah pihak dan itu akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," katanya.

Trump sebelumnya sempat menyerukan NATO untuk mengambil peran yang lebih besar, kemudian bahkan menciptakan misi "NATOME," sebuah neologisme untuk NATO dan Timur Tengah.

Trump telah berulang kali mempertanyakan nilai NATO, menggunakan peringatan ke-70 aliansi Barat bulan lalu untuk mendesak pendanaan yang lebih besar oleh Eropa, yang telah ia masukkan sebagai pekerja lepas.

Julie Smith, seorang ahli di Dana Marshall Jerman Amerika Serikat dan mantan penasehat wakil presiden Joe Biden, mengatakan tidak jelas apa yang diinginkan Trump.

"Eropa cenderung menghargai ironi seorang presiden yang telah berulang kali mengkritik aliansi NATO dan sekutu NATO individu, dan kemudian beralih kepada mereka dalam krisis," kata Smith.

Tetapi Smith mengatakan orang-orang Eropa juga tidak melihat alasan untuk memusuhi Amerika Serikat, menunjukkan bahwa mereka tidak mengkritik serangan AS atau berduka cita atas Soleimani.

"Saya pikir orang Eropa merasa seperti terjebak di antara batu dan tempat yang keras," tandas dia.

KEYWORD :

Donald Trump Amerika Serikat Eropa Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :