Senin, 06/04/2020 00:11 WIB

Penandatanganan Kesepakatan Perdagangan Fase Pertama China-AS Belum Jelas

Namum, Penasihat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro mengatakan, mengenai penandatangan tersebut, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump atau Perwakilan Perdagangan AS akan menyampaikan langsung.

Penasihat Perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro berbincang dengan Gubernur Guam Lou Leon Guerrero di Gedung Putih pada 25 Februari 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Gedung Putih mengatakan, kesepakatan perdagangan Tahap Pertama antara Amerika Serikat-China kemungkinan akan ditandatangani minggu depan.

Namum, Penasihat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro mengatakan, mengenai penandatangan tersebut, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump atau Perwakilan Perdagangan AS akan menyampaikan langsung.

Sebelumnya beredar kabar, Wakil Perdana Menteri China Liu He akan berkunjung minggu ini untuk menandatangani perjanjian tersebut. "Washington telah mengirim undangan dan Beijing telah menerimanya," kata South China Morning Post, Senin (30/12).

Perwakilan untuk Kantor Perwakilan Dagang AS dan Gedung Putih belum menanggapi permintaan komentar atas laporan yang mengatakan, delegasi China kemungkinan akan tinggal di AS hingga pertengahan minggu depan.

"Jangan pernah percaya laporan tentang sumber anonim. Tunggu dari Presiden Trump atau ... (Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, "kata Navarro kepada Fox News.

"Kami mungkin akan melakukan penandatanganan dalam minggu depan atau lebih - kami hanya menunggu saliannya," tambahnya.

Berharap untuk kesepakatan perdagangan AS-China membantu menjaga saham dunia positif pada hari Senin, meskipun tidak ada pihak yang telah merilis banyak detail spesifik dari perjanjian tersebut, dan belum ada teks yang dirilis.

Navarro mengatakan kesepakatan itu akan dipublikasikan secepat mungkin. "Pada dasarnya Anda perlu menerjemahkannya ke dalam bahasa China dan memeriksa ulang agar kedua versi cocok," tambahnya.

Ia mengatakan, perjanjian setebal 86 halaman itu mencakup perincian tentang kekayaan intelektual merupakan awal yang baik pada transfer teknologi paksa dan beberapa bahasa yang baik tentang manipulasi mata uang.

Trump pertama kali mengumumkan rencana pakta perdagangan awal pada Oktober. NEgosiator AS dan China menghabiskan berminggu-minggu menyelesaikan kesepakatan Fase Pertama, yang datang sebagai pengganti perjanjian perdagangan yang awalnya dicari dua negara ekonomi itu.

Lighthizer bulan ini mengatakan perwakilan dari kedua negara akan menandatangani pakta tersebut selama minggu pertama Januari.

Pekan lalu, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan Presiden Cina Xi Jinping akhirnya akan menggerlar upacara penandatanganan perjanjian. Ia tidak memberikan perincian lebih lanjut, tetapi mengatakan kesepakatan itu dilakukan dan sedang diterjemahkan.

Beberapa hari sebelumnya, Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin mengatakan kesepakatan itu sudah selesai, hanya saja sedang menjalani tinjauan teknis.

TAGS : Perang Dagang China Amerika Serikat Tahap Pertama Gedung Putih Peter Navarro




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :