Sabtu, 24/10/2020 21:41 WIB

Formula E, Transjakarta Siapkan 20 Bus Listrik Angkut Penonton

Bagi masyarakat yang ingin menjajal sensasi berada di dalam bus ramah lingkungan itu tidak perlu menunggu sampai ajang Formula E digelar karena saat ini layanan bus listrik dapat dicoba di kawasan wisata Monas

Ilustrasi moda transportasi TransJakarta

Jakarta, Jurnas.com - Bulan Juni 2020, Kota Jakarta didapuk jadi penyelenggara Formula E. Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan event akbar itu.

Salah satunya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) rencanakan bakal operasikan bus listrik sebanyak 20 armada pada saat pelaksanaan Formula E di Jakarta.

"Kami akan menyiapkan 20 unit bus listrik untuk pengunjung dan penonton Formula E, kami harapkan itu sudah dapat beroperasi elain di luar kawasan hiburan," kata Direktur Teknik PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto, di Jakarta, Senin (30/12/2019).

Walau sudah berencana mengoperasikan di jalanan Ibu Kota, Yoga enggan memberitahukan rute untuk seluruh bus listrik itu.

Lebih lanjut, Yoga mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menjajal sensasi berada di dalam bus ramah lingkungan itu tidak perlu menunggu sampai ajang Formula E digelar karena saat ini layanan bus listrik dapat dicoba di kawasan wisata Monas.

"Masyarakat bisa merasakan sensasi naik bus listrik, tapi tinggal 2 hari lagi dan ini gratis karena masih masa uji coba," kata Yoga.

Bus listrik yang ada di kawasan Monas hanya tersedia dua unit yaitu single bus dan medium bus milik operator BYD.

Hingga saat ini, layanan bus listrik belum beroperasi di Jakarta meski sudah diujicobakan sejak awal 2019 di beberapa kawasan wisata dan jalan- jalan umum tanpa mengangkut penumpang.

Hambatan yang ditemukan dalam pegoperasian bus listrik sebagai kendaraan umum adalah pengurusan STNK dan pengurusan pajak kendaraan.

TAGS : Formula E Transjakarta Bus Listrik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :