Sabtu, 20/04/2024 03:34 WIB

Ini Dia Ruang Penyimpanan Mars 2020 Rover yang Super Steril

NASA memberlakukan keamanan super ketat untuk mengakses pesawat penjelajah Mars 2020 Rover, yang berada di sebuah ruangan steril di California, Amerika Serikat (AS).

Awak media wajib melewati serangkaian proses sterilisasi sebelum masuk ke dalam lokasi penyimpanan Mars 2020 Rover (Foto: AFP)

California, Jurnas.com - NASA memberlakukan keamanan super ketat untuk mengakses pesawat penjelajah Mars 2020 Rover, yang berada di sebuah ruangan steril di California, Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah kunjungan awak media pada Jumat (Sabtu waktu setempat), satu dari dua laboratorium ultra-steril yang digunakan untuk perakitan pesawat ruang angkasa di Jet Propulsion Laboratory dibuka sesaat.

"Kita perlu menjaga perangkat keras tetap murni dan seaman mungkin sampai kita tiba di Mars," kata David Gruel, manajer operasi Mars 2020.

Mars 2020 Rover akan terbang ke Planet Mars pada 2020 mendatang. Pesawat penjelajah itu akan mengumpulkan sampel di planet ini, dalam upaya mencari jejak kehidupan mikroba yang berpotensi berasal dari miliaran tahun.

Untuk masuk ke dalam laboratorium, para awak media harus melalui proses sterilisasi yang cukup lama.

"Jadi kami benar-benar membawa sampel kembali dari Mars, dan tidak membawa kembali rambut dari tubuh saya atau kulit dari tubuh orang lain," jelas Gruel.

Sikat sepatu otomatis dan tikar lengket menghilangkan partikel dari sepatu sebelum tamu mencapai ruang ganti.

Untuk mencegah kontaminasi, pengunjung harus mengenakan "setelan kelinci", yakni lengan yang ditutup dengan selotip, bersama dengan masker wajah, sarung tangan lateks, dan pelindung janggut untuk orang yang lebih berbulu.

Akhirnya, mereka lewat di bawah "air shower" berdenyut yang menghancurkan partikel terakhir yang tidak diinginkan.

Sementara Mars 2020 Rover itu sendiri secara teratur digosok dengan alkohol isopropil, pel serat mikro, dan udara laboratorium yang disaring 70 kali per jam.

Wartawan yang diundang oleh NASA juga harus melepaskan penutup busa dari mikrofon mereka, tempat berkembang biaknya kuman.

Kertas dan pena sudah secara khusus disediakan, sebagai pengganti alat tulis tradisional yang dapat menumpahkan debu dan partikel lainnya. Para tamu juga diminta untuk tidak mengenakan riasan atau parfum.

Tidak hanya pengunjung, teknisi yang bekerja pada peralatan pengambilan sampel penting juga wajib tunduk pada protokol yang lebih ketat.

"Mereka tidak boleh mandi pada hari mereka bekerja pada perangkat keras," kata Gruel kepada AFP.

"Mereka tidak bisa memasukkan produk rambut ke rambut mereka untuk menata rambutnya, mereka hanya bisa memakai satu atau dua jenis deodoran," tandas dia.

KEYWORD :

NASA Mars 2020 Rover Pesawat Luar Angkasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :