Kamis, 22/10/2020 02:52 WIB

Gagal Jantung, Jurnalis Veteran AS Tutup Usia

Direktur editorial The Nation, Katrina vanden Heuvel mengatakan di Twitter, Greider meninggal pada Hari Natal. Putranya mengatakan kematian Greider disebabkan oleh komplikasi gagal jantung kongestif.

William Greider (Foto: The Sun)

New York, Jurnas.com - Jurnalis veteran Amerika Serikat (AS), William Greider, yang memegang pemberitaan politik dan ekonomi untuk media The Washington Post, Rolling Stone dan The Nation meninggal dunia pada usia 83 tahun.

Direktur editorial The Nation, Katrina vanden Heuvel mengatakan di Twitter, Greider meninggal pada Hari Natal. Putranya mengatakan kematian Greider disebabkan oleh komplikasi gagal jantung kongestif.

Greider bekerja sebagai asisten redaktur pelaksana, kolumnis dan koresponden di The Washington Post selama 15 tahun sebelum pindah ke Rolling Stone, di mana ia menjadi kolumnis dan editor urusan nasional selama sekitar 17 tahun. Dia kemudian bergabung dengan The Nation pada 1999 untuk memegang pemberitaan nasional.

Selama menjabat sebagai koresponden untuk Layanan Penyiaran Publik (PBS), Greider melaporkan sejumlah dokumenter "Frontline". Salah satunya, "Return to Beirut," memenangkan Penghargaan Emmy pada tahun 1985.

Di antara karya Greider yang paling berpengaruh ialah artikel yang ditulisnya untuk majalah The Atlantic pada Desember 1981 berjudul "The Education of David Stockman". Ia memenangkan George Polk Award untuk penulisan ini.

Stockman, mantan direktur anggaran Presiden AS Ronald Reagan dari 1981 hingga 1985, adalah arsitek utama kebijakan pemotongan pajak.

Esai Greider pada 1981 didasarkan pada serangkaian wawancaranya dengan Stockman, di mana direktur anggaran Reagan berbicara secara bebas dan menunjukkan skeptisisme tentang ekonomi sisi penawaran, yang membentuk dasar bagi strategi administrasi untuk meningkatkan pengeluaran militer sambil menurunkan pajak dan pengeluaran sosial.

"Tidak ada di antara kita yang benar-benar mengerti apa yang terjadi dengan semua angka-angka ini," Stockman memberi tahu Greider.

Artikel-artikel itu menimbulkan kegemparan di Gedung Putih, dengan Stockman kemudian mengatakan dia "dibawa ke gudang kayu" oleh Reagan.

Dilahirkan pada tahun 1936 di Cincinnati dan dibesarkan di pinggiran kota, Greider melanjutkan kuliah di Princeton.

TAGS : William Greider Jurnalis Veteran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :