Sabtu, 27/04/2024 00:25 WIB

Kandas di Raja Ampat, Kemenhub Periksa Kapal Aqua Blu

Hasil sementara dari pemeriksaan tim KKP, kapal MV. Aqua Blu tidak menabrak terumbu karang melainkan tumpukan batu seluas 1 x 3 M

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Kemenhub)

Jakarta, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Raja Ampat memeriksa kapal MV. Aqua Blu yang sempat kandas dan diduga menabrak terumbu karang di Kawasan Konservasi Perairan (KKP) di Kepulauan Wayag, Distrik Waigeo Barat Papua Barat

Kepala Kantor UPP Kelas II Raja Ampat, Anggiat P. Marpaung mengatakan bahwa saat ini kapal MV. Aqua Blu berlabuh di wilayah pelabuhan Waisai Raja Ampat untuk pemeriksaan lebih lanjut terutama memeriksa dan memastikan aspek keselamatan kapalnya setelah mengalami kandas," ujar Anggiat, Sabtu (21/12/2019).

Selain itu, kapal MV. Aqua Blu yang berbobot GT. 1140 berbendera Panama sedang membawa penumpang sebanyak 7 orang asing yang terdiri dari 4 orang warga negara Inggris dan 3 orang warga negara Australia serta 24 orang Anak Buah Kapal (ABK) dalam pelayarannya dari Pelabuhan Raja Ampat ke Kepulauan Raja Ampat.

"Kapal tersebut kandas selama 7 jam dan 5 menit di kawasan konservasi tersebut. Kapal tidak ada kebocoran dan tidak ada pencemaran yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut," ujar Anggiat.

Kapal tersebut juga diperiksa oleh tim KKP terkait dugaan menabrak terumbu karang. Namun hasil sementara dari pemeriksaan tim KKP, kapal MV. Aqua Blu tidak menabrak terumbu karang melainkan tumpukan batu seluas 1 x 3 M di kawasan konservasi tersebut.

"Untuk memastikan lebih lanjut, tim KKP masih melakukan investigasi di lapangan untuk keakuratan infomasi dimaksud," ujar Anggiat.

Adapun agen kapal MV. Aqua Blu adalah PT. Project Wallage Indonesia dan dengan kejadian ini, Anggiat mengatakan bahwa PT. Project Wallage Indonesia akan bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan akibat kandasnya kapal MV. Aqua Blu di kawasan tersebut.

"Hari ini pemeriksaan kapal MV. Aqua blu dilanjutkan oleh Marine Inspector dan PPNS UPP Raja Ampat dengan didampingi petugas dari kantor KSOP Sorong," tutup Anggiat.

KEYWORD :

Kinerja Perhubungan Kapal MV Aqua Blu Raja Ampat terumbu karang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :