Rabu, 22/01/2020 23:21 WIB

Ketua Komisi III Yakin Irjen Listyo Sigit Profesional dan Mumpuni jadi Kabareskrim

Komisi III DPR meyakini Irjen Listyo Sigit Prabowo akan profesional dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menjalankan tugasnya sebagai Kabareskrim Polri.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry

Jakarta, Jurnas.com - Komisi III DPR meyakini Irjen Listyo Sigit Prabowo akan profesional dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menjalankan tugasnya sebagai Kabareskrim Polri.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry menilai, Irjen Listyo Sigit yang baru ditunjuk sebagai Kabareskrim oleh Kapolri Jenderal Idham Azis, tidak akan mudah diintervensi oleh pihak mana pun dalam menegakkan hukum.

"Menurut saya yang bersangkutan cukup memiliki profesionalisme dalam tugas sebagai Kabareskrim, sehingga beliau sangat paham dalam mengelola hal-hal yang berbau intervensi dari pihak manapun," kata Herman, kepada wartawan, Jumat (6/12).

Sebagai jenderal bintang dua yang masih terbilang muda, Herman meminta, agar Irjen Listyo dapat membuktikan kemampuannya sebagai Kabareskrim dalam mengungkap sejumlah kasus besar.

"Tentunya yang bersangkutan harus membuktikan kepada semua pihak bahwa yang bersangkutan memiliki kemampuan yang mumpuni sebagai Kabareskrim baru dan dapat mengungkap kasus-kasus besar serta menata kerja Bareskrim untuk lebih profesional dan mampu melakukan sinergi antarlembaga penegak hukum," tutur Herman.

Misalnya, Herman menyoroti sejumlah kasus besar yang harus dituntaskan Kabareskrim baru. Adalah, kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan dan kasus Trans Pasific Petrocemichal Indotama (TPPI).

"Pada saat raker dengan Komisi lll, sudah disampaikan oleh Kapolri bahwa kasus Novel menjadi prioritas Kapolri baru, sementara Komisi lll juga mendesak kasus TPPI Pertamina harus dituntaskan sampai P21 di Kejaksaan," terang politikus senior PDI Perjuangan asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Diketahui, Irjen Listyo Sigit Prabowo ditunjuk sebagai Kabareskrim yang sebelumnya menduduki posisi Kadiv Propam. Penunjukan itu tertuang dalam telegram nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12).

Telegram itu dikonfirmasi oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono.

"Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," kata Argo.

TAGS : Warta DPR Ketua Komisi III DPR Herman Herry Kabareskrim




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :