Jum'at, 13/12/2019 14:47 WIB

AS Akan Cabut Pengecualian Sanksi Fasilitas Nuklir Iran

Pernyataan Pompeo itu tak lama setelah Teheran mengumkan akan memulai kembali pengayaan uranium di situs tersebut sebagai bagian untuk mengurangi kepatuhan di bawah kesepakatan nuklir 2015.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.(Foto: )

Teheran, Jurnas.com - Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, Washington akan mengakhiri pengecualian sanksi yang terhadap fasilitas nuklir Fordow Iran pada pertengahan bulan depan.

Pada jumpa pers terkait situs Fordow, Pompeo mengatakan tidak ada alasan sah bagi Iran untuk melanjutkan pengayaan di Fordow.

"Presiden Hassan Rouhani baru-baru ini mengumumkan bahwa Iran akan memulai kegiatan pengayaan uranium di fasilitas Fordow. Oleh karena itu, AS akan menghentikan pengecualian sanksi terkait dengan fasilitas nuklir di Fordow, efektif 15 Desember 2019," katanya dalam penjelasan singkat.

Ia mengatakan Iran seharusnya tidak diperbolehkan untuk memperkaya uranium di tingkat mana pun, dan harus membalikkan aktivitasnya di fasilitas Fordow segera.

Pernyataan Pompeo itu tak lama setelah Teheran mengumkan akan memulai kembali pengayaan uranium di situs tersebut sebagai bagian untuk mengurangi kepatuhan di bawah kesepakatan nuklir 2015.

Di bawah Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), Iran diizinkan untuk mempertahankan sentrifugal di Fordow untuk tujuan penelitian, dan sentrifugal IR-1 generasi pertama hanya diizinkan berputar tanpa gas uranium.

Namun, negara itu mulai menyuntikkan gas UF6 (uranium hexafluoride) ke dalam sentrifugal di bawah pengawasan inspektur dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) awal bulan ini.

Iran mengatakan penangguhan komitmennya bukan merupakan pelanggaran terhadap JCPOA, dan menambahkannya didasarkan pada Pasal 26 dan 36 dari perjanjian itu sendiri, yang merinci mekanisme untuk menangani ketidakpatuhan.

Nasib kesepakatan Iran tergantung sejak Mei 2018, ketika AS tiba-tiba meninggalkan kesepakatan dan mengembalikan semua sanksi anti-Iran yang telah dicabut sebagai bagian dari JCPOA.

Teheran mengatakan para anggota pakta dari Eropa, Inggris, Jerman dan Prancis sejauh ini tidak mampu menegakkan komitmen mereka. Mereka hanya menyatakan dukungan secara vokal, tetapi tak mampu memberikan insentif ekonomi yang disyaratkan.

Terlepas dari pengunduran diri dari kesepakatan dan pengenaan kembali sanksi terhadap Iran, AS telah memberikan keringanan sanksi untuk memungkinkan Eropa, Cina dan Rusia untuk bekerja sama dengan Republik Islam tentang sejumlah fasilitas nuklir di Iran, termasuk Fordow.

TAGS : Mike Pompeo Kesepakatan Nuklir Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :