Jum'at, 26/04/2024 16:42 WIB

IRGC akan "Sikat" Perusuh di Iran

Akibatnya, demonstrasi berubah menjadi kekerasan di beberapa kota, Bentrokan antara pasukan keamanan dan unsur-unsur tertentu merusak properti publik.

Amerika Serikat telah memasukkan daftar hitam puluhan entitas yang berafiliasi dengan IRGC (Foto: Morteza Nikoubazl/Reuters)

Teheran, Jurnas.com - Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) menegaskan, akan menindak dengan tegas siapa pun menabur ketidakamanan di negara itu. Hal itu disampaikan merujuk pada aksi damai yang berujung rusuh atas keputusan pemerintah menaikkan harga bahan bakar.

Pengawal Revolusi Iran itu memuji wawasan dan kecerdasan warga Iran, yang menunjukkan garis yang jelas antara protes damai dan tindakan kerusuhan.

"Kelanjutan dari tindakan apa pun, yang memicu rasa tidak aman dan semua tindakan yang mengganggu ketenangan dalam masyarakat akan ditangani dengan tegas," tegas IRGC, Senin (18/11).

Sebelumnya, Jumat (15/11), pemerintah Iran mulai menjatah bensin dan secara substansial meningkatkan harga bahan bakar. Pendapatan tersebut konon akan dialokasikan untuk membantu warga Iran yang kurang mampu.

Perusahaan Distribusi Produk Minyak Nasional Iran (NIOPDC) mengatakan, harga satu liter bensin reguler  naik hingga 15.000 real (12,7 sen AS) dari 10.000 real dan rasio bulanan untuk setiap mobil pribadi ditetapkan sebesar 60 liter per bulan. Pembelian tambahan akan dikenakan biaya 30.000 real per liter.

Keputusan itu memicu unjuk rasa di sejumlah kota Iran, beberapa di antaranya berujung kekerasan karena elemen-elemen oportunis berusaha mengeksploitasi situasi dan menggerakkan gelombang protes damai terhadap kenaikan harga bahan bakar.

Akibatnya, demonstrasi berubah menjadi kekerasan di beberapa kota, Bentrokan antara pasukan keamanan dan unsur-unsur tertentu merusak properti publik.

IRGC mengatakan tindakan kerusuhan di beberapa kota Iran dipicu elemen kontrarevolusioner, Organisasi Mujahidin Khalq (MKO) anti-Iran dan sisa-sisa rezim monarki Iran di masa lalu.

"Kewaspadaan rakyat Iran, yang menjauhkan diri dari penyabot, membalik meja melawan unsur-unsur itu dan menggagalkan rencana mereka  menyebarkan rasa tidak aman di seluruh negeri," kata IRGC.

IRGC memuji warga Iran yang berani dan berdedikasi yang selalu menundukkan tipu muslihat musuh dengan kekuatan dan kebesaran mereka dan berhasil menjamin stabilitas serta ketenangan di sebagian besar kota dan provinsi Iran selama beberapa hari terakhir.

Hal ini sangat luar biasa karena dilakukan dengan cara yang bahkan tidak ada satu pun laporan tentang ketidakamanan, perusakan dan perampasan properti publik di daerah-daerah tersebut.

Pernyataan tersebut menekankan pentingnya melindungi hak-hak sipil dalam berurusan dengan tindakan agresi apa pun, menerapkan pendekatan tegas terhadap setiap kenaikan harga komoditas lain oleh badan yang bertanggung jawab.

IRGC juga tidak mengindahkan saluran satelit dan jaringan sosial yang berafiliasi dengan musuh agar untuk mengakhiri tindakan jahat dan membangun keamanan penuh di negara ini. (PressTV)

KEYWORD :

Pengawal Revolusi Iran Harga Bensin Aksi Damai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :