Minggu, 08/12/2019 05:31 WIB

Menteri Teten Ingin Gedung Smesco Jadi Pusat Peradaban Baru UMKM

Menteri Teten meminta masukan dari para pelaku UMKM yang sudah berpengalaman agar bisa memfinalisasi konsep baru

Menteri Teten di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Koperasi dan UKM berencana memperbaharui Gedung Smesco agar menjadi pusat peradaban baru bagi produk-produk UMKM nasional.

Keinginan perubahan konsep baru itu merupakan komitmen Kemenkop dan UKM untuk terus mendorong pertumbuhan daya saing bagi produk-produk UMKM nasional.

Untuk itu, Menteri Teten meminta masukan dari para pelaku UMKM yang sudah berpengalaman agar bisa memfinalisasi konsep baru "One Stop Service" yang digagasnya bisa teraplikasi dalam waktu dekat.

"Ini kan (gedung) Smesco supporting pemerintah untuk (bantu pemasaran) umkm. Jadi kita akan coba rumuskan konsepnya itu, karena itu saya mengundang para pelaku di UMKM, sebenarnya ini (Gedung Smesco) harus dibuat seperti apa konsepnya. Nah tadi saya kira sudah dapat masukan, ini masih mentah, sengaja kita share dulu ke publik biar ada masukan. Jadi saya ingin ada partisipasi ide lah untuk mengembangkan smesco yang 17 lantai ini didaerah strategis kok sepi," kata Teten di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Menurutnya, dengan memperbaharui konsep, Smesco Indonesia bisa benar-benar menjadi pusat peradaban baru bagi produk UMKM dan akhirnya membuat pengunjung semakin tertarik mengunjungi Smesco.

"Smesco harus diredesain agar produk UKM mampu masuk pada global value chain. Dengan begitu, daya saing produk UKM bisa betul-betul bersaing di pasar domestik atau pasar luar negeri," kata Teten.

Dengan konsep baru yang akan diusungnya nanti, diharapkan Smesco Indonesia bisa menjadi tempat berkumpul atau wisata belanja bagi masyarakat, khususnya belanja produk-produk unggulan UKM dari berbagai wilayah. Dipastikan akan ada spot-spot khusus yang bisa menjadi pilihan bagi pengunjung selama berbelanja produk UKM di Smesco Indonesia.

"Ini akan jadi tempat pusat konsultasi dari hulu ke hilir (bagi pelaku UKM), retail gallery sudah ada, tapi nanti juga ada (spot) untuk akurasi produk sehingga bisa memberikan penguatan pada brand lokal. Kami punya ambisi Smesco menjadi pusat peradaban baru UKM," tegas Teten.

Meski demikian, kata Teten, untuk manajemen dan pengelolaannya nanti, Kemenkop dan UKM akan menyerahkan pada Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM).

TAGS : Teten UMKM Smesco




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :