Sabtu, 20/04/2024 21:07 WIB

WhatsApp Gugat Perusahaan Pengawas Israel

Di anatara yang menjadi sasarannya adalah diplomat, pembangkang politik, jurnalis dan pejabat senior pemerintah.

Ilustrasi WhatsApp

Washington, Jurnas.com - WhatsApp menggugat perusahaan pengawasan Israel, NSO Group karena diduga membantu pemerintah mata-mata membobol ponsel sekitar 1.400 pengguna di empat benua.

Di anatara yang menjadi sasarannya adalah diplomat, pembangkang politik, jurnalis dan pejabat senior pemerintah.

Dalam gugatan yang diajukan di pengadilan federal di San Francisco, layanan pesan WhatsApp, yang dimiliki Facebook, menuduh NSO memfasilitasi kegiatan peretasan pemerintah di 20 negara. Meksiko, Uni Emirat Arab dan Bahrain adalah satu-satunya negara yang diidentifikasi.

WhatsApp mengatakan dalam sebuah pernyataan, 100 anggota masyarakat sipil menjadi sasaran dan menyebutnya sebagai pola pelecehan.

Meski begitu, NSO membantah tuduhan itu.

"Dalam kondisi sekuat mungkin, kami membantah tuduhan hari ini dan akan dengan gigih melawannya," kata NSO dalam sebuah pernyataan.

"Satu-satunya tujuan NSO adalah menyediakan teknologi bagi badan intelijen dan penegak hukum pemerintah berlisensi untuk membantu mereka memerangi terorisme dan kejahatan serius," sambungnya.

WhatsApp mengatakan serangan itu mengeksploitasi sistem panggilan video untuk mengirim malware ke perangkat seluler sejumlah pengguna. Malware tersebut akan memungkinkan klien NSO secara diam-diam memata-matai pemilik telepon.

WhatsApp digunakan sekitar 1,5 miliar orang setiap bulan dan sering disebut-sebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi, termasuk pesan terenkripsi ujung ke ujung yang tidak dapat diuraikan WhatsApp atau pihak ketiga lainnya.

Citizen Lab, sebuah laboratorium penelitian keamanan siber yang berbasis di University of Toronto yang bekerja dengan WhatsApp menyelidiki peretasan telepon, mengatakan kepada Reuters, sasarannya termasuk tokoh-tokoh televisi yang terkenal, para wanita terkemuka yang menjadi sasaran kampanye kebencian online dan orang yang menghadapi upaya pembunuhan serta ancaman kekerasan.

WhatsApp mengatakan pertama kalinya mengambil tindakan hukum terhadap entitas swasta yang melakukan jenis serangan terhadap penggunanya.

Gugatan tersebut melarang NSO mengakses atau mencoba mengakses WhatsApp dan layanan Facebook dan mencari kerusakan yang tidak ditentukan.

Perangkat lunak peretasan telepon NSO terlibat dalam sejumlah pelanggaran hak asasi manusia di Amerika Latin dan Timur Tengah, termasuk skandal spionase yang meluas di Panama dan upaya memata-matai seorang karyawan kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Amnesty International.

NSO berada di bawah pengawasan ketat atas tuduhan bahwa spyware-nya memainkan peran dalam kematian jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi, yang dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul sedikit lebih dari setahun yang lalu.

Teman Khashoggi Omar Abdulaziz adalah satu dari tujuh aktivis dan jurnalis yang membawa perusahaan spyware ke pengadilan di Israel dan Siprus atas tuduhan bahwa ponsel mereka dikompromikan menggunakan teknologi NSO.

Amnesty juga telah mengajukan gugatan hukum, menuntut Kementerian Pertahanan Israel mencabut izin ekspor NSO untuk "menghentikan keuntungan dari penindasan yang disponsori negara."

NSO baru-baru ini mencoba membersihkan citranya setelah dibeli perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di London Novalpina Capital awal tahun ini. Pada bulan Agustus, salah satu pendiri NSO Shalev Hulio muncul di "60 Minutes" dan membual bahwa spyware-nya telah menyelamatkan "puluhan ribu orang." Dia tidak memberikan detail.

NSO juga membawa sejumlah penasihat terkemuka, termasuk mantan Gubernur Pennsylvania Tom Ridge dan Juliette Kayyem, seorang dosen senior keamanan internasional di Universitas Harvard.

Bulan lalu, NSO mengumumkan akan mulai mematuhi pedoman Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) tentang pelanggaran hak asasi manusia.

KEYWORD :

Media WhatsApp NSO Group




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :