Rabu, 12/08/2020 11:02 WIB

Dua Kapal Tanker Iran Dihantam Teroris di Dekat Arab Saudi

Ledakan tersebut dilaporkan mengenai tubuh kapal yang mengakibatkan kerusakan parah pada dua tangki utama kapal. 

Kapal tanker diserang di Teluk Oman. (Foto ilustrasi: ISNA/AFP)

Teheran, Jurnas.com - Dua kapal tanker Iran meledak dan terbakar di lepas pantai Arab Saudi. Insiden itu tepatnya sekitar 100 kilometer dari pantai Jeddah, Jumat (11/10).

Ledakan tersebut dilaporkan mengenai tubuh kapal yang mengakibatkan kerusakan parah pada dua tangki utama kapal. Insisen itu menyebabka tumpahan minyak di Laut Merah.

"Pakar teknis saat ini sedang menyelidiki penyebab ledakan. Mereka percaya itu adalah serangan teroris," kata sumber yang tidak disebutkan namanya kepada Kantor Berita Pelajar Iran (ISNA).

Sebuah pernyataan NITC mengatakan bahwa tanker SABITI dihantam oleh dua ledakan terpisah pada pukul 5:00 dan 5:20 Jumat, mungkin setelah diserang oleh rudal.

Dikatakan anggota kru saat ini aman dan tidak ada dari mereka yang terluka dalam ledakan. Kapal tanker saat ini dalam kondisi stabil, pernyataan itu menambahkan.

Ledakan itu terjadi beberapa bulan setelah kapal tanker minyak Iran, Happiness-1 mogok dan kehilangan kendali di mana 26 di atas kapal dari pelabuhan Laut Merah Jeddah, dan kemudian dipindahkan ke kota pelabuhan untuk pemeliharaan.

Menurut pejabat Iran, insiden itu terjadi pada 30 April ketika Kebahagiaan I sedang dalam perjalanan ke Terusan Suez, dan bahwa air telah bocor ke ruang mesin tanker.

Saudi menolak membiarkan kapal itu pergi dan menuntut agar Iran membayar USD200.000 sehari untuk memelihara kapal di pelabuhan, sekitar USD10 juta total. Akhirnya dirilis pada 20 Juli dan dikembalikan ke rumah.

Juga pada Juni, dua tanker besar dilanda ledakan di Laut Oman. Front Altair yang berbendera Kepulauan Marshal dan Kokuka Courageous milik Jepang berbendera Panama terkena serangan yang diduga di Teluk Oman.

Pada saat itu, para pekerja penyelamat Iran bergegas membantu dua tanker yang terkena kecelakaan yang tidak ditentukan di Laut Oman, memindahkan semua 44 awak mereka ke pantai selatannya.

Tanker berbendera Kepulauan Marshall, menurut laporan, menuju dari Qatar ke Taiwan ketika terjadi kebakaran pada tanker itu sekitar 25 mil dari kota pelabuhan Jask Iran.

Kapal berbendera Panama itu juga sedang dalam perjalanan dari sebuah pelabuhan di Arab Saudi menuju Singapura ketika kebakaran terjadi sekitar 28 mil dari Jask.

TAGS : Arab Saudi Kapal Tanker Iran Serangan Teroris




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :