Jum'at, 18/10/2019 02:11 WIB

Venezuela Bebaskan Tokoh Oposisi Edgar Zambrano

Tokoh Oposisi Venezuela Edgar Zambrano disambut tangis gembira setelah dibebaskan dari penjara di Caracas

Tokoh oposisi Venezuela Edgar Zambrano disambut setelah dibebaskan dari penjara di Caracas (foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Jaksa Agung Tarek William Saab mengumumkan, Venezuela telah membebaskan tokoh oposisi utama Edgar Zambrano dari penjara, tempat ia ditahan sejak pemberontakan yang gagal pada Mei lalu.

Zambrano - wakil presiden Majelis Nasional - telah ditahan di penjara militer sejak penangkapannya yang dramatis karena mendukung pemberontakan 30 April yang gagal yang diorganisir oleh pemimpin oposisi Juan Guaido.

"Pemerintah mengajukan petisi kepada Mahkamah Agung untuk membebaskan Zambrano menyusul kesepakatan parsial yang dicapai oleh pemerintah Venezuela dan sektor-sektor oposisi nasional," kata Saab dalam sebuah pernyataan dilansir AFP.

Pembebasan itu disambut oleh anggota parlemen oposisi Timoteo Zambrano di Twitter sebagai awal dari proses pembebasan tahanan politik.

Pembebasan Zambia tampaknya terkait dengan pengumuman Senin oleh pemerintah Presiden Nicolas Maduro bahwa anggota parlemennya akan kembali ke Majelis Nasional yang didominasi oposisi setelah boikot tiga tahun, setelah mencapai kesepakatan dengan partai-partai pinggiran di luar koalisi Guaido.

Langkah itu ditujukan untuk mencoba mengesampingkan Guaido, yang sebelumnya Selasa dikonfirmasi oleh Majelis Nasional sebagai pemimpinnya.

Mahkamah Agung pada bulan Mei mengatakan pihaknya memenjarakan Zambrano karena "komisi mencolok dari kejahatan pengkhianatan, konspirasi dan pemberontakan sipil."

Guaido pada bulan April memimpin sekitar 30 anggota angkatan bersenjata untuk mencoba memicu pemberontakan untuk mengusir Maduro, tetapi sementara itu memicu dua hari bentrokan mematikan, dengan cepat gagal.

Zambrano adalah satu dari 15 anggota parlemen yang ditangkap setelah tindakan keras terhadap para penghasut.

Penangkapannya adalah yang paling dramatis dan menarik perhatian internasional.

Mobil berusia 64 tahun itu dikepung di luar markas Partai Aksi Demokratnya sebelum diderek, dengan dia masih di dalamnya, ke penjara Helicoide yang terkenal, di dalam markas besar badan intelijen SEBIN Venezuela.

Para wakil dari partai sosialis yang berkuasa keluar dari Majelis Nasional pada tahun 2016 setelah kehilangan kendali dalam pemilihan, dan pemerintah membentuk badannya sendiri, Majelis Konstituante, untuk mengesampingkan badan yang didominasi oposisi.

TAGS : Tokoh Oposisi Edgar Zambrano




TERPOPULER :