Senin, 25/01/2021 02:27 WIB

Israel Buka Ekspor Gas ke Mesir, Lebanon: Cadangan Itu Curian

Gas tersebut akan disuplai melalui pipa bawah laut sepanjang 90 km yang menghubungkan Ashkelon ke el-Arish di semenanjung Sinai Mesir, tetapi gas pertama kali harus melewati terminal Israel di Ashkelon.

Bendera kebangsaan Israel (Foto: Anadolu)

Kairo, Jurnas.com - Israel sudah mencapai kesepakatan dengan Mesir untuk menggunakan terminal gas di Ashkelon guna ekspor gas ke negara Arab, kendati ada tentangan dari Lebanon yang menganggap cadangan itu dicuri.

Kesepakatan yang teken pada Minggu (8/9) digambarkan sebagai salah satu rintangan terakhir sebelum Israel dapat mulai mengekspor gas ke Mesir dalam kesepakatan ekspor USD15 miliar.

Gas tersebut akan disuplai melalui pipa bawah laut sepanjang 90 km yang menghubungkan Ashkelon ke el-Arish di semenanjung Sinai Mesir, tetapi gas pertama kali harus melewati terminal Israel di Ashkelon.

Israel memandang Yordania dan Mesir sebagai pembeli potensial gas yang diklaim telah ditemukan di Mediterania timur. Perdagangan Mesir dengan Israel lebih besar dari perdagangannya dengan beberapa negara Arab.

Cadangan itu, ditemukan di Cekungan Levant Mediterania timur sejak 2009, mengangkangi wilayah beberapa negara, termasuk Siprus, Yunani, Mesir, Lebanon dan Suriah, yang hubungannya merosot di sejumlah bidang.

Lebanon sudah memperingatkan negara tetangganya di Mediterania bahwa pipa gas yang direncanakan dari Israel ke Uni Eropa tidak boleh melanggar batas maritimnya.

Beirut memiliki sengketa perbatasan laut yang belum terselesaikan dengan Israel di atas wilayah laut sekitar 860 km persegi yang membentang di sepanjang tepi tiga blok energi selatan Lebanon.

Israel berharap dapat mendaftarkan beberapa negara Eropa dalam pembangunan pipa sepanjang 2.000 km yang menghubungkan sumber gas Mediterania timur yang luas ke Eropa melalui Siprus, Yunani dan Italia dengan biaya USD7 miliar.

Ketua Parlemen Lebanon, Nabih Berri mengatakan pada bulan Februari bahwa Israel berusaha untuk mencuri cadangan minyak dan gas Lebanon.

Sumber dari Lebanon mengatakan wilayah di mana Israel mengklaim melakukan penemuan itu sebagian besar terletak di lepas pantai Lebanon dan di perairan internasional antara perbatasan laut Palestina dan Siprus.

TAGS : Israel Ekspor Gas Mesir Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :