Jum'at, 19/04/2024 22:52 WIB

Mata Sehat dengan Lima Makanan Ini

Jangan abaikan kesehatan mata, karena gaya hidup juga punya potensi untuk mata sehat Anda.

Ilustrasi Mata (foto: UPI)

YJurnas.com- Banyak yang mengklaim kerusakan mata diakibatkan oleh kondisi yang menua, tetapi penelitian mengatakan bahwa gaya hidup yang sehat menjadi prioritas terbesar untuk kesehatan mata.

Artikel kali ini membahas tentang lima makanan kaya akan nutrisi untuk kesehatan mata yang bisa Anda konsumsi sehari-hari, yuk simak.

1. Ubi Jalar

Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, mangga dan aprikot tinggi akan beta-karoten yaitu bentuk vitamin A yang dapat meningkatkan kemampuan penglihatan mata pada malam hari. Namun antara semua jenis, ubi jalar memiliki lebih dari setengah vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari.

2. Brokoli

Jenis sayur yang satu ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang merupakan antioksidan untuk melindungi sel-sel mata Anda dari radikal bebas dan melindungi retina.

3. Ikan Salmon

Anda dapat menemukan asam lemak omega-3 pada ikan salmon yang berfungsi untuk melindungi mata dari AMD dan glaukoma juga mencegah mata kering. Omega-3 juga dapat ditemukan di ikan tuna, ikan trout, dan makanan laut lainnya.

4. Paprika

Satu buah paprika mengandung vitamin C paling banyak per kalori yang dapat mengurangi risiko katarak dan baik kesehatan pada pembuluh darah di mata Anda. Diharapkan untuk mengonsumsi paprika saat mentah karena dapat menghilangkan vitamin yang terkandung di dalamnya.

4. Telur

Kuning yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu meningkatkan jumlah pigmen pelindung pada bagian mata Anda agar dapat memudahkan cahaya biru yang dapat merusak retina Anda sehingga penglihatan mata dapat terkontrol.

KEYWORD :

Kesehatan Mata Gaya Hidup




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :