Kamis, 25/04/2024 13:17 WIB

Bahan Kimia Plastik Berefek Negatif pada Ibu Hamil

BPA adalah bahan kimia yang ditemukan dalam berbagai wadah makanan, termasuk botol plastik polikarbonat dan kaleng.

Ilustrasi perempuan minum air mineral dengan botol plastik. (Foto: Istimewa)

Jurnas.com - Peneliti menemukan bahan kimia bisphenol A (BPA), hormon pengganggu, terkait dengan peningkatan risiko obesitas pada janin. Saat anak memutuskan BPA, mereka jadi tidak sensitif terhadap hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur nafsu makan.

BPA adalah bahan kimia yang ditemukan dalam berbagai wadah makanan, termasuk botol plastik polikarbonat dan kaleng.

Zat kimia ini dapat menggantikan sistem endokrin (kumpulan yang menghasilkan hormon) dengan menggantikan estrogen, salah satu hormon seks utama yang ditemukan pada wanita.

Penelitian menunjukkan Paparan universal. Lebih dari 90 persen orang yang berhak dalam studi menerima BPA, dan yang dihasilkan kompilasi zat termetabolisme oleh tubuh, dalam urin mereka.

Studi yang dilakukan oleh The Endocrine Society yang berbasis di Washington DC, bayi-bayi tikus. Para peneliti menemukan bahwa tikus yang dilahirkan dari ibu yang terpapar BPA kurang responsif terhadap hormon leptin, yang kadang-kadang disebut hormon kenyang.

Leptin membantu mengatasi nafsu makan dengan mengurangi rasa lapar tidak membutuhkan energi. Hormon mengirimkan sinyal ke daerah hipotalamus otak untuk memindahkan nafsu makan.

Tikus-tikus diberikan dosis BPA di tingkat bawah yang diberikan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Kesehatan Kanada.

Ketika tikus beranak, peneliti menyuntikkan leptin pada bayi tikus dengan berbagai interval kemudian memeriksa jaringan otak dan menganalisis darah untuk mengetahui respons terhadap hormon itu.

"Studi ini meningkatkan pemahaman kita tentang BPA dapat mendukung sistem endokrin seperti meningkatkan risiko obesitas pada hewan," kata Dr Alfonso Abizaid dari Departemen Neuroscience di Universitas Carleton di Ottawa, Kanada seperti dilansir Mail Online.

“Karena BPA juga menentang obesitas pada manusia, orang perlu menyadari bahwa faktor lingkungan dapat meningkatkan menentang obesitas dan gangguan kardio-metabolik, katanya.

Sebuah laporan yang dirilis pada Oktober 2016 mengumumkan bahwa botol berisi bahan kimia pengganggu hormon yang dapat menyebabkan kanker, diabetes, ADHD dan autisme.

Namun zat kimia itu dapat ditemukan dalam ribuan produk yang digunakan sehari-hari, mulai dari wadah makanan plastik dan logam, mainan dan kosmetik. Penyakit yang paling umum diakibatkan bahan kimia pengganggu endokrin yang berkaitan dengan saraf, termasuk autisme dan kehilangan IQ.

KEYWORD :

Botol Plastik Ibu Hamil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :