Senin, 10/08/2020 09:16 WIB

Iran Kirim Kapal Perang Tercanggih ke Teluk Aden

Sahand, dibangun di Iran dan diluncurkan pada 2018, dianggap sebagai kapal perang paling canggih di angkatan laut Iran

Kapal Iran, Bavand terlihat di dekat pelabuhan Paranagua, Brasil 18 Juli 2019. (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Pejabat senior militer Iran mengumumkan, Oran mengirim kapal perusak dan helikopter ke Teluk Aden untuk melindungi kapal dagangnya, Senin (26/08).

"Kapal Perusak Sahand dan kapal induk Khark akan mengawal kapal untuk memberikan keamanan bagi kapal Republik Islam di perairan internasional," kata Kepala Staf Angkatan Darat Iran Laksamana Habibollah Sayyari dikutip UPI.

Sahand, dibangun di Iran dan diluncurkan pada 2018, dianggap sebagai kapal perang paling canggih di angkatan laut Iran. Ini dilengkapi dengan artileri anti-pesawat, torpedo dan rudal permukaan ke permukaan.

Amerika Serikat telah berupaya untuk mengumpulkan koalisi untuk melindungi pengiriman di daerah tersebut setelah serangan Mei dan Juni terhadap kapal tanker minyak Inggris.

Pada bulan Juli, sebuah kapal tanker minyak berbendera Inggris ditangkap oleh Iran setelah sebuah kapal tanker Iran ditangkap oleh Amerika Serikat di lepas pantai Gibraltar karena diduga membawa minyak ke Suriah karena melanggar sanksi Uni Eropa.

Amerika Serikat juga meningkatkan kehadirannya di wilayah tersebut dengan kekuatan serangan yang dipimpin oleh kapal induk USS Abraham Lincoln.

Teluk Aden yang strategis terletak di teluk air dalam dengan Yaman di utara, Laut Arab di timur, Somalia di selatan, dan Djibouti di barat. Itu terhubung dengan Laut Merah dan Samudera Hindia, memisahkan semenanjung Arab dari Tanduk Afrika.

TAGS : Kapal Perang Iran Teluk Aden




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :