Selasa, 24/09/2019 01:03 WIB

18 Kegiatan Ilmiah Warnai Peringatan Harteknas 2019 di Bali

Sebanyak 18 kegiatan ilmiah turut meriahkan rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang diselenggarakan di Bali,

Penandatanganan MoU antara Kemenristekdikti dan Kemenham dalam usai pembukaan kegiatan ilmiah di Harteknas 2019 pada Senin (26/08) di Denpasar Bali

Denpasar, Jurnas.com - Sebanyak 18 kegiatan ilmiah turut meriahkan rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang diselenggarakan di Bali, Senin (26/08).

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe mengatakan kegiatan ilmiah bertujuan membangun jaringan sesama akademisi, bisnis dan pemerintah serta kementerian IPTEK dan inovasi lainnya.

"Kegiatan Ilmiah ini dijadikan sebagai upaya penyebar luasan informasi terkait kebijakan, program prioritas, progres dan capaian pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang inovasi anak bangsa," katanya.

Lebih dari itu, lanjut Jumain, kegiatan ilmiah juga dijadikan sebagai wahana ekspos hasil riset dan inovasi teknologi dalam rangka membangun intermediasi antara perguruan tinggi dan lembaga Litbang di satu sisi, dengan dunia industri dan masyarakat di sisi yang lain.

"Sehingga terbina kondisi simbiosis mutualis untuk mendorong tumbuhnya sumber daya manusia yang unggul dan percepatan hilirisasi iptek dan teknologi untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang," lanjutnya.

Rangkaian kegiatan ilmiah ini terdiri dari 75 kegiatan yang digelar sepanjang tahun 2019, dimana 18 kegiatan dilaksanakan di provinsi Bali, sedangkan satu kegiatan dilaksanakan di luar negeri yaitu London dan 56 kegiatan lainnya tersebar di beberapa wilayah Indonesia di antaranya: Provinisi Sumut, Jambi, NTB, Jateng, Sulawesi Tenggara dan lainnya.

Adapun kegiatan yang dibuka oleh Menristekdikti Mohamad Nasir meliputi meliputi workshop, temu ilmiah, sidang paripurna, seminar dan simposium yang diselenggarakan oleh stakeholder IPTEK dan Inovasi yang berasal dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga Litbang, dunia usaha dan industri serta berbagai asosiasi profesi dan praktisi yang pelaksanaannya dilaksanakan panitia pusat Hari kebangkitan teknologi nasional pusat yang ke-24 tahun 2019.

Selain kegiatan ilmiah juga dilakukan lima penandatanganan MoU yakni MoU antara kementerian pertahanan Indonesia dan Kemenristekdikti, MoU kemenkumham dan Kemenristekdikti, MoU Kemensos dan Kemenristekdikti, MoU Kemenristekdikti dan PT Tata Sarana Mandiri dan Badan Pengkajian dan penerapan teknologi.

Juga dilakukan peluncuran produk inovasi perguruan tinggi antara lain: Meluncurkan Ice Institut, LMPT, ID Menulis, E Office dan sekaligus penyerahan izin prinsip pendidikan universitas Cyber Asia. 

TAGS : Harteknas 2019 Kemenristekdikti Kegiatan Ilmiah




TERPOPULER :