Selasa, 24/11/2020 19:17 WIB

Lagi, Korut Luncurkan Dua Rudal Balistik

Korea Utara (Korut) kembali menembakkan dua rudal balistik jarak pendek di lepas pantai timur, pada Rabu (31/7) pagi.

Pertunjukan rudal balistik Korea Utara

Seoul, Jurnas.com - Korea Utara (Korut) kembali menembakkan dua rudal balistik jarak pendek di lepas pantai timur, pada Rabu (31/7) pagi.

Menurut keterangan militer Korea Selatan (Korse), ini merupakan uji coba rudal balistik kedua Korut, dalam tempo waktu kurang dari satu minggu.

Dikutip dari AFP, Kepala Staf Gabungan Korsel mengatakan bahwa dua rudal tersebut diluncurkan dari Wonsan, sebuah kota yang merupakan lokasi liburan sekaligus tempat peluncuran reguler.

Rudal itu diyakini terbang sekitar 250 kilometer dengan ketinggian maksimum 30 kilometer. Saat ini, militer Korea dan Amerika Serikat berusaha mengumpulkan lebih banyak perincian.

"Peluncuran rudal Korut yang berulang kali tidak membantu upaya meredakan ketegangan di Semenanjung Korea. Kami mendesak Korut untuk menghentikan perilaku semacam itu," tegas Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo, kendati peluncuran itu menurut dia bukan ancaman bagi keamanan nasional Jepang.

Sementara Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya menyebut rudal balistik terbaru yang diluncurkan Korut, tidak mencapai zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

"Sangat disesalkan bahwa Korea Utara terus menembakkan rudal yang melanggar resolusi AS," ucap Iwaya.

Sebelumnya, media Korut mengatakan tes pekan lalu disaksikan langsung oleh Pemimpin Korut Kim Jong Un. Itu merupakan peringatan serius kepada Korsel, atas pembelian jet tempur teknologi tinggi buata AS, dan latihan militer yang ditentang oleh Pyongyang.

TAGS : Korut Rudal Balistik Jepang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :